7 Cara Cemerlang Menggunakan Lidah Buaya Selain Mengobati Sengatan Matahari

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan. (Foto: Pixabay)

Sukoharjonews.com – Anda mungkin sudah tahu bahwa lidah buaya adalah bahan yang bagus untuk kulit Anda, tetapi kami berani bertaruh bahwa Anda mungkin hanya memikirkannya dalam konteks sebagai penenang sengatan matahari terbaik. Tapi jangan salah, lidah buaya adalah bahan alami yang dapat melakukan banyak hal hebat untuk kulit dan rambut Anda.


Dilansir dari Real Simple, Sabtu (18/2/2023), lidah buaya dapat untuk pertumbuhan rambut hingga masker wajah lidah buaya, ahli kulit berbagi cara menggunakan tanaman lidah buaya dan beberapa cara berbeda untuk memasukkan pahlawan tanaman hijau ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda:

1. Pertumbuhan rambut
Jika rambut Anda sangat membutuhkan hidrasi, Mona Gohara, MD, dokter kulit bersertifikat di New York City, mengatakan bahwa lidah buaya bisa menjadi pilihan yang baik. “Beberapa protein, mineral, dan asam amino dapat berfungsi sebagai kondisioner rambut yang baik,” katanya. “Membiarkannya juga dapat mengurangi peradangan di kulit kepala dan membantu rambut rontok.”

Gohara merekomendasikan untuk menggunakannya satu atau dua hari setelah rambut diwarnai untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada surai Anda. Pastikan untuk mencuci bersih setelah menggunakannya untuk memastikan tidak ada penumpukan yang tertinggal.


2. Perawatan pasca cedera
Ada alasan bagus mengapa gel lidah buaya menjadi pilihan ketika Anda secara tidak sengaja mendapatkan terlalu banyak sinar matahari. “Lidah buaya memiliki banyak manfaat, termasuk sangat anti-inflamasi, pendinginan alami, dan membantu kulit mempertahankan kelembapan,” kata Annie Gonzalez, MD, dokter kulit bersertifikat di Riverchase Dermatology di Miami.

Jadi ya, meskipun ini bisa menjadi penyelamat total jika Anda terbakar matahari, semua sifat itu berarti itu juga ideal untuk dioleskan ke segala jenis luka bakar, gigitan, ruam, luka, apa saja. Seiring dengan manfaat yang disebutkan di atas, ini juga sangat membantu untuk mempercepat proses penyembuhan luka.


3. Perawatan di tempat
Kami tahu apa yang Anda pikirkan…lidah buaya sebagai pengobatan jerawat? Ya. “Sifat antimikroba alami Aloe dapat mengobati jerawat tanpa merusak kulit,” jelas Dr. Gonzalez. Namun manfaat penghilang noda tidak berhenti di situ. Dia menambahkan bahwa itu adalah sumber alami asam salisilat, asam beta-hidroksi yang membantu melarutkan minyak berlebih dan membuka pori-pori yang tersumbat (dan merupakan bahan yang sangat umum dalam semua jenis perawatan jerawat yang dijual bebas).

Dan seolah-olah semua itu belum cukup, jangan lupa bahwa efek antiperadangan tersebut sangat bagus untuk membantu menenangkan jerawat yang bengkak, kata Dr. Gonzalez. Sekali lagi, pilihlah lidah buaya murni; oleskan, seperti yang Anda lakukan pada perawatan di tempat, ke noda dan biarkan semalaman.


4. Dasar lulur tubuh DIY
Karena lidah buaya sangat melembapkan dan menyejukkan secara alami, lidah buaya menjadi dasar yang sempurna untuk pengelupasan tubuh DIY. Gonzalez menyarankan untuk menggabungkan 2 sendok teh gel lidah buaya dengan 1 sendok teh soda kue dan membiarkannya di kulit hingga 10 menit.

Atau gabungkan dengan sedikit gula mentah (gunakan sebanyak yang diperlukan untuk mendapatkan tekstur dengan tingkat butiran yang Anda sukai) untuk membantu menghilangkan kulit mati. Apa pun itu, Anda juga mendapatkan sedikit pengelupasan kimiawi dari asam salisilat di lidah buaya, kata Dr. Gonzalez.


5. Masker wajah anti penuaan
“Penelitian telah menunjukkan bahwa lidah buaya meningkatkan faktor pertumbuhan untuk fibroblas—sel yang membuat kolagen,” kata Dr. Nazarian, yang melanjutkan dengan mengatakan bahwa ini berpotensi menjadi alasan mengapa lidah buaya sangat efektif untuk menyembuhkan luka dan bekas luka. Dr. Gonzalez menambahkan bahwa lidah buaya juga merupakan sumber vitamin E dan C yang kaya; keduanya merupakan antioksidan kuat, dan vitamin C juga membantu meningkatkan produksi kolagen.

Ada banyak pelembap dan serum antipenuaan yang mengandung lidah buaya, tetapi Dr. Nazarian menyarankan untuk menggunakan lidah buaya murni jika memungkinkan, sehingga Anda dapat memastikan kemurnian dan konsentrasi yang Anda dapatkan. Gunakan sebagai pengganti pelembab, atau bersamaan dengan produk anti-penuaan yang lebih kuat.


6. Penghapus riasan
Punya maskara sisa dari kemarin di wajah Anda? Cobalah gel lidah buaya sebagai cara lembut untuk membersihkannya selamanya. Gel akan mengangkat riasan yang membandel dan melembabkan kulit Anda dalam prosesnya.

7. Gel alis alami
Untuk produk alis DIY alami, coba usapkan gel lidah buaya ke alis Anda dengan tongkat maskara yang bersih. Gelnya lembut dan akan memberi Anda pegangan yang fleksibel, tetapi akan memastikan rambut Anda tetap di tempatnya. Karena gel lidah buaya sangat menghidrasi dan mengondisikan, alis Anda akan menjadi ekstra lembut dan berbulu setelah Anda menggunakannya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *