6 Manfaat Lidah Buaya yang Cukup Mengagetkan

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan. (Foto: Pixabay)

Sukoharjonews.com – Gel lidah buaya dikenal luas untuk meredakan sengatan matahari dan membantu menyembuhkan luka. Tapi tahukah Anda bahwa tanaman pot favorit ibu-ibu ini dapat digunakan lebih dari sekadar meredakan sengatan matahari dan dekorasi rumah tangga.


Dilansir dari Heatline, Selasa (20/12/2022) ada banyak manfaat lidah buaya antara lain:

1. Meredakan sakit maag
Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah gangguan pencernaan yang sering menyebabkan mulas. Tinjauan tahun 2010 menunjukkan bahwa mengonsumsi 1 hingga 3 ons gel lidah buaya pada waktu makan dapat mengurangi keparahan GERD. Ini juga dapat meringankan masalah terkait pencernaan lainnya. Toksisitas tanaman yang rendah menjadikannya obat yang aman dan lembut untuk mulas.

2. Menjaga produk tetap segar
Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan secara online oleh Cambridge University Press mengamati tanaman tomat yang dilapisi gel lidah buaya. Laporan tersebut menunjukkan bukti bahwa lapisan tersebut berhasil memblokir pertumbuhan berbagai jenis bakteri berbahaya pada sayuran. Hasil serupa ditemukan dalam penelitian berbeda dengan apel. Ini berarti gel lidah buaya dapat membantu buah dan sayuran tetap segar, dan menghilangkan kebutuhan akan bahan kimia berbahaya yang memperpanjang umur simpan produk.


3. Alternatif obat kumur
Di sebuah Studi 2014 diterbitkan dalam Jurnal Ilmu Kesehatan Ethiopia, para peneliti menemukan ekstrak lidah buaya sebagai alternatif yang aman dan efektif untuk obat kumur berbahan kimia. Bahan alami tanaman, termasuk dosis vitamin C yang sehat, dapat memblokir plak. Ini juga dapat memberikan kelegaan jika Anda mengalami gusi berdarah atau bengkak.

4. Menurunkan gula darah Anda
Menelan dua sendok makan jus lidah buaya per hari dapat menyebabkan kadar gula darah turun pada penderita diabetes tipe 2, menurut sebuah penelitian di Phytomedicine: International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacy. Ini bisa berarti bahwa lidah buaya mungkin memiliki masa depan dalam pengobatan diabetes. Hasil ini dikonfirmasi oleh penelitian lain yang dipublikasikan di Phytotherapy Research yang menggunakan ekstrak pulp.


5. Pencahar alami
Lidah buaya dianggap sebagai pencahar alami. Sejumlah penelitian telah melihat manfaat sukulen untuk membantu pencernaan. Hasilnya tampak beragam.

6. Perawatan kulit
Anda dapat menggunakan lidah buaya untuk menjaga kulit tetap bersih dan terhidrasi. Ini mungkin karena tanaman tumbuh subur di iklim yang kering dan tidak stabil. Untuk bertahan hidup dalam kondisi yang keras, daun tanaman menyimpan air. Daun padat air ini, dikombinasikan dengan senyawa tumbuhan khusus yang disebut karbohidrat kompleks, membuatnya menjadi pelembab wajah dan pereda nyeri yang efektif. (patrisia argi/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *