5 Kebiasaan yang Nggak Boleh Dilakukan Setelah Jam 5 Sore Jika Ingin Tubuh Ramping

Kebiasaan yang tidak boleh dilakukan setelah jam 5 sore. (Foto: freepik)

Sukoharjonews.com – Diet adalah suatu program yang menuntut konsistensi dan kedisiplinan dalam menjalankannya. Namun terkadang ada beberapa hal yang dilakukan dan tanpa disadari dapat mengganggu proses diet tersebut dan hal ini menjadi pantangan selama diet.


Dilansir dari Eating Well, Rabu (15/3/2023), salah satu waktu yang kerap menjadi titik rawan adalah setelah jam 5 sore, di mana kebanyakan orang sudah lelah setelah beraktivitas seharian dan ingin menikmati waktu senggang. Di kala waktu senggang itu, banyak yang tergoda untuk mengonsumsi makanan cepat saji atau menjadi mager alias malas gerak dan tidak berolahraga.

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Jam 5 Sore
1. Makan Berlebihan di Penghujung Hari

Apakah kamu merasa sangat lapar di malam hari kemudian memakan apa saja yang kamu lihat di meja makan? Jika iya, cobalah perhatikan hal ini.

Untuk mencegah makan yang berlebihan di malam hari, pastikan kamu telah memenuhi kebutuhan gizi pada jadwal makan sebelumnya. Menurut Nicole Stefano, MS, RDN, seorang ahli gizi kuliner di New York, dengan cara ini kamu tidak akan merasa lapar saat malam hari. Ketika membiarkan diri terlalu lapar, kita cenderung makan berlebihan sebelum tubuh tahu bahwa kita sudah kenyang. Jadi pastikan makan makanan bergizi.


2. Makan Langsung dari Kemasannya
Menurut Ruth Houston, seorang penulis Eat Smart dan Lose Weight: Cara Menurunkan Berat Badan yang Terbukti Secara Ilmiah tanpa Diet atau Olahraga, jangan ngemil langsung dari kemasannya. Ia merekomendasikan agar makanan langsung di sajikan di atas piring.

Makan langsung dari kemasan menyebabkan makan tanpa berpikir, terutama jika melakukannya sambil memainkan ponsel atau menonton televisi. Untuk mengantisipasi ini, kamu bisa sertakan cemilan malam yang punya kandungan protein untuk membuat kamu merasa kenyang. Serta matikan televisi dan ponsel saat makan, inilah yang dilakukan Julia Stevens, MPH, RDN, CPT seorang ahli diet terdaftar.


3. Begadang
Sebuah studi tahun 2021 yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition mengaitkan makan larut malam dengan gangguan upaya penurunan berat badan. Semakin lama kamu begadang, semakin banyak waktu untuk makan. Plus, kebanyakan orang tidak makan camilan sehat saat larut malam.

Sebagai gantinya, atur pengatur waktu setiap malam untuk mengingatkan diri agar beristirahat, inilah yang dikatakan Melissa Mitri, MS, RDN seorang ahli diet terdaftar.

4. Melewatkan Karbohidrat Saat Makan Malam
Kamu mungkin tergoda untuk melewatkan karbohidrat saat makan malam. Tetapi jika makan malam tidak membuat kenyang, kamu akan mengobrak-abrik lemari beberapa jam kemudian. Ketika makan malam tidak seimbang, kamu mungkin akan mengonsumsi lebih banyak kalori ketika rasa lapar datang.


5. Membuka Kulkas Tanpa Rencana
Kelaparan fisik bukan satu-satunya alasan kita makan. Makan itu menyenangkan dan menenangkan, itulah sebabnya kita makan saat stres, bosan, atau mendambakan sesuatu yang spesifik. Tidak satupun dari alasan makan ini yang salah, tetapi memiliki rencana makan dapat membuatmu tetap berada di jalur menuju penurunan berat badan.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *