Ragam  

5.095 Jiwa di Sukoharjo Selatan Kekurangan Air Bersih

Dampak kekeringan semakin luas. Saat ini, ribuan warga di Kecamatan Weru dan Tawangsari mengalami kesulitan air bersih.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Musim kemarau tahun ini mencapai puncaknya. Kondosi tersebut membuat sebanyak 1.571 Kepala Keluarga (KK) atau 5.095 jiwa di wilayah Sukoharjo selatan kekurangan air bersih. Saat ini, sejumlah sumber air diketahui sudah mengering sehingga warga mengandalkan bantuan air bersih.
Selama ini, bantuan dikirim oleh berbagai elemen masyarakat yang peduli serta dari Pemkab Sukoharjo yang sudah memberikan jaminan pengiriman air bersih.



“Sumur warga sudah kering. Warga hanya bisa mengandalkan bantuan air bersih saat ini. Paling terdampak di Kecamatan Weru dan Tawangsari,” terang Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo Sri Maryanto, Selasa (18/9).

Dikatakan Maryanto, untuk Kecamatan Tawangsari, wilayah terdampak kekeringan yakni di Desa Watubonang. Sedangkan di Kecamatan Weru di Desa Alasombo, Desa Jatingarang, Desa Ngreco, Desa Tawang dan Desa Karangmojo. Wilayah tersebut merupakan langganan kekeringan setiap tahun saat kemarau panjang. Saat ini, total ada 1.571 KK atau 5.095 jiwa di dua kecamatan dari total 12 kecamatan di Sukoharjo.

Diharapkan, warga yang sudah mendapatkan air bersih untuk memaksimalkan pemanfaatannya khususnya memenuhi kebutuhan rumah tangga. BPBD juga meminta pada warga untuk berhemat dan tidak membuang air tanpa peruntukan yang tidak bermanfaat. “Hingga saat ini total bantuan air bersih sebanyak 166 tangki atau dengan masing-masing tangki berkapasitas 4.000 liter,” ujarnya.

Disisi lain, BPBD meminta pada masyarakat untuk selalu waspada terhadap dampak kekeringan akibat kemarau panjang diperkirakan sampai Oktober mendatang. Selama dua bulan kedepan petugas juga akan melakukan pemantauan untuk antisipasi meluasnya wilayah terdampak kemarau yang menyebabkan warga kekurangan air bersih. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments