17.102 BST Cair Habis Lebaran, Jadwal Menunggu Kemensos

Pencairan BST tahap 2 sebanyak 17.102 KPM masih menunggu jadwal dari Kemensos.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Sebanyak 17.102 Bantuan Sosial Tunai (BST) akan dicairkan sehabis Lebaran ini. Sedangkan untuk 38.158 BST sudah dicairkan sebelum Lebaran. Namun, untuk jadwal pencairan nanti masih menunggu informasi lebih lanjut dari Kementerian Sosial (Kemensos). Saat ini, kuota BST untuk Sukoharjo sendiri sebanyak 55.260 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).



“Pencairan dana BST tetap sama, petugas kami akan datang ke desa dan membagikan uang tunai secara langsung,” jelas Kepala Kantor Pos Sukoharjo, Tati Nurhayati, Senin (25/5/2020).

Untuk pencairan tahap 1 sendiri, diakui Tati selesai pada 23 Mei lalu. Untuk tahap 1 sendiri ada 38.158 KPM yang mendapatkannya. Tiap KPM mendapatkan Rp600 ribu tanpa potongan apapun. Kantor Pos sendiri untuk pencairan tahap 1 tersebut hanya membagikan untuk 31.508 KPM, sedangkan yang 6.650 KPM meliputi Kecamatan Kartasura dan Mojolaban menjadi dibagikan oleh Kantor Pos Besar Solo.

“Untuk pencairan yang 17.102 KPM masih menunggu jadwal dari Kemensos,” ujarnya.

Sedangkan Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sukoharjo, Suparmin mengatakan, awalnya Kabupaten Sukoharjo mendapatkan kuota BST sebanyak 60.758 KPM. Namun, dari jumlah tersebut baru turun untuk 55.260 KPM. Pencairan dana sendiri dilakukan secara bertahap dan sebanyak 38.158 KPM sudah dicairkan sebelum Lebaran lalu. Nantinya, untuk Suparmin, pencairan BST tahap 2 juga akan dilakukan di balaidesa masing-masing.

Suparmin juga mengatakan, selama pencairan prosedur kesehatan terkait virus Corona tetap diberlakukan. Seperti menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun, penyediaan hand sanitizer, warga wajib mengenakan masker, jaga jarak, dan lainnya. “Pencairan tahap 2 sehabis Lebaran, namun kepastinnya menunggu jadwal dari Kemensos,” ujarnya. (erlano putra)



Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *