167 Pendaftar PPDB SMP Jalur PIP Gagal Lolos

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo memasang baliho sosialisasi tentang PPDB Online tingkat SMP.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Tidak semua pendaftar jalur Program Indonesia Pintar (PIP) lolos saat mengikuti Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkay SMP. Pasalnya, dari total 3.111 siswa yang mendaftar melalui jalur PIP, sebanyak 167 pendaftar dinyatakan tidak lolos. Pendaftar yang dinyatakan tidak lolos karena dinilai tidak memenuhi syarat untuk mengikuti PPDB jalur PIP.



“Jadi, tidak semua pendaftar jalur PIP otomatis diterima. Ada seleksi juga yang dilakukan oleh panitia,” jelas Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo Dwi Atmojo Heri, Selasa (22/5).

Dikatakan Heri, sesuai data yang ada, penerima PIP di Sukoharjo tercatat sebanyak 3.315 anak. Namun, dari jumlah tersebut hanya 3.111 anak saha yang mendaftar PPDB SMP jalur PIP. Dengan kata lain, sebanyak 204 anak diketahui tidak mendaftarkan diri. Dari jumlah 3.111 anak yang mendaftar, setelah dilakukan seleksi, hanya lolos 2.944 karena 167 anak dinyatakan tidak lolos.

Menurutnya sebanyak 2.944 anak yang telah terseleksi dalam PPDB SMP jalur PIP sudah mendapatkan pemberitahuan resmi dari petugas. Hal itu diketahui pada saat pelaksanaan pengumuman pendaftaran 12 Mei lalu. “Setelah mendaftar dan terseleksi maka para siswa yang mendaftar melalui PPDB SMP jalur PIP melakukan daftar ulang 17 -19 Mei,” ujarnya.

“Pendaftaran jalur PIP memang sengaja digelar lebih awal. Hal itu dilakukan mengingat para siswa tersebut merupakan siswa prioritas dari keluarga tidak mampu,” ujarnya.

Penerapan jalur PIP sendiri juga sengaja dilakukan oleh Disdikbud untuk menghindarkan kekacauan seperti pada pelaksanaan PPDB tahun lalu dimana salah satunya penyebabnya adalah pemakaian Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Heri mengaku seluruh tahapan PPDB SMP baik melalui jalur PIP maupun reguler sudah disosialisasikan pada masyarakat. Salah satu yang dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo yakni dengan memasang baliho disejumlah wilayah.

Jadwal tersebut sangat penting diketahui masyarakat untuk mendaftarkan diri anaknya. “Ingat setelah jalur PIP selesai maka akan dibuka PPDB SMP jalur reguler pada 2-4 Juli mendatang. PPDB digelar setelah dilaksanakan pengumuman kelulusan siswa SMP akhir Mei mendatang,” tambahnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *