15 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Manfaat Buah Naga. (Foto: Tunas Negeri)

Sukoharjonews.com – Siapa yang tidak tahu buah naga. Buah unik dengan warga daging merah dan putih. Meski memiliki warna daging berbeda, ternyata kandungan gizi didalamnya hampir sama. Biasanya, buah naga banyak dikonsumsi sebagai jus, meski tidak sedikit yang langsung memakannya.


Ternyata, dikutip dari Hellosehat, Minggu (5/6/2022, berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, kandungan zat gizi buah naga merah 100 gram adalah Air: 85,7 gram (g), Energi: 71 kal, Protein: 1,7 g, Lemak: 3,1 g, Karbohidrat: 9,1 g, Serat: 3,2 g, Abu: 0,4 g, Kalsium: 13 miligram (mg), Natrium: 10 mg, Kalium: 128 mg, Fosfor: 14 mg, Zat besi: 0,4 mg, Seng (Zinc): 0,4 mg, Vitamin B1: ,5 mg, Vitamin B2: 0,3 mg, Niasin atau vitamin B3: 0,5 mg, Vitamin C: 1 mg

Selain itu, Cleveland Clinic menyebut, buah ini juga mengandung likopen, yaitu senyawa dari kelompok karotenoid yang memberikan warna merah pada buah. Likopen memiliki sifat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, sebagai penyebab munculnya berbagai penyakit.

Selain likopen, buah ini juga mengandung senyawa antioksidan lainnya yang penting bagi tubuh, yaitu betalain dan hydroxycinnamates.

Berdasarkan kandungan gizinya, berikut adalah manfaat dan khasiat buah naga, termasuk buah naga merah, untuk kesehatan yang belum banyak diketahui:

1. Menjaga kulit kencang dan elastis
Buah naga adalah sumber antioksidan yang baik karena tingginya kandungan vitamin C serta berbagai senyawa bioaktif di dalamnya.

Sementara itu, antioksidan sangat penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan elastis sehingga dapat membantu mengurangi tanda penuaan kulit.

2. Mengurangi risiko kanker
Senyawa antioksidan di dalam buah ini, baik dari likopen maupun hydroxycinnamates, juga memiliki khasiat untuk membantu mencegah kanker.

Beberapa penelitian menemukan fakta bahwa mengonsumsi makanan mengandung likopen dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker prostat, kanker payudara, dan kanker paru.

3. Meningkatkan kesehatan jantung
Buah ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda. Konsumsi buah naga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik. Ini bisa terjadi karena kandungan likopen, betalain, serta serat yang ada di dalam buahnya.

Tak hanya itu, biji yang ada di daging buah ini pun kaya akan lemak omega-3 dan omega-9 yang baik untuk kesehatan jantung, sehingga dapat membantu mencegah penyakit jantung.


4. Mengontrol kadar gula darah
Kandungan serat dalam buah ini juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Serat bisa menekan lonjakan gula yang terjadi setelah seseorang makan makanan dengan indeks glikemik tinggi.

Tak hanya itu, penelitian yang dipublikasikan di jurnal Plos One pada tahun 2016 pun menemukan fakta bahwa, pitaya dapat melawan resistensi insulin pada tikus, yang merupakan salah satu penyebab diabetes.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Mengonsumsi buah ini juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Manfaat ini bisa diperoleh karena vitamin C serta senyawa antioksidan lainnya yang terkandung di dalam baik buah naga merah maupun putih.

Antioksidan membantu tubuh Anda mencegah kerusakan sel yang merupakan penyebab munculnya berbagai penyakit.

6. Meredakan batuk dan flu
Sejalan dengan khasiat di atas, khasiat buah naga juga dapat membantu meredakan batuk dan flu karena kandungan vitamin C di dalamnya. Meski ini bukan pengganti obat, tetapi khasiat buah naga dapat membantu meringankan gejala.

Pasalnya, mengonsumsi makanan atau buah mengandung vitamin C dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda sehingga bisa mempercepat penyembuhan.

7. Menurunkan berat badan
Manfaat makan buah untuk turunkan berat badan. Bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan, mengonsumsi buah ini bisa menjadi pilihan camilan sehat sehari-hari Anda.

Pasalnya, kandungan buah naga merah kaya akan serat dan rendah kalori sehingga aman bagi yang sedang dalam program penurunan berat badan.

Dengan mengonsumsi makanan tinggi serat dan rendah kalori, Anda akan merasakan kenyang lebih lama, sehingga Anda pun akan makan lebih sedikit. Anda pun bisa terhindar dari obesitas.


8. Manfaat buah naga untuk pencernaan
Kandungan serat dalam buah ini juga bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Mengonsumsi makanan berserat bisa membantu mengontrol gerakan usus, sehingga Anda bisa mencegah sembelit.

Selain itu, manfaat buah naga untuk pencernaan lainnya adalah buah ini mengandung oligosakarida, yaitu salah satu jenis prebiotik yang baik untuk sistem pencernaan Anda.

9. Menjaga kesehatan tulang
Kandungan buah naga merah lainnya adalah memiliki berbagai mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang. Mineral ini, termasuk magnesium, kalsium, dan fosfor.

Menurut Food Revolution Network, satu cangkir potongan buah naga mengandung 80 mg magnesium, yaitu 22% dari rekomendasi asupan magnesium harian (360 mg) dari Kementerian Kesehatan.

10. Melawan radang sendi
Radang sendi atau arthritis menimbulkan iritasi parah pada persendian sehingga penderitanya bisa mengalami kesulitan gerak.

Adapun mengonsumsi buah ini bisa menjadi pilihan untuk membantu Anda melawan penyakit ini.

Pasalnya, senyawa antioksidan pada kandungan buah naga merah juga memiliki sifat antiradang yang bisa membantu mengurangi peradangan.

11. Mengurangi jerawat
Selain mencegah tanda penuaan, khasiat buah naga untuk kulit lainnya adalah mengurangi jerawat.

Oleskan pasta buah naga ke area kulit wajah yang kemerahan, selama dua kali sehari. Manfaat yang dapat Anda peroleh karena kandungan vitamin C pada buah ini.


12. Meredakan nyeri pada kulit yang terbakar sinar matahari
Tidak hanya untuk jerawat, pasta buah ini juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri pada kulit yang terbakar sinar matahari.

Namun, biasanya Anda perlu mencampur jus mentimun dan madu bersama pasta buah ini agar mendapatkan khasiat yang tepat.

Adapun manfaat ini bisa diperoleh karena kandungan vitamin B3 yang dapat melembapkan kulit serta melepaskan panas dari area kulit yang terdampak.

13. Melindungi rambut dari kerusakan
Bagi Anda yang menggunakan pewarna rambut, jus buah ini juga bisa membantu merawat rambut Anda.

Anda hanya cukup mengoleskan jus buah atau kondisioner yang mengandung ekstrak buah naga pada kulit kepala Anda.

Dengan cara ini, folikel rambut akan tetap terbuka, sehingga memungkinkan rambut Anda untuk bernapas dan tetap sehat serta halus.

14. Menjaga kesehatan ibu hamil
Ibu hamil membutuhkan berbagai nutrisi seperti zat besi, vitamin C, vitamin B, dan kalsium, yang terdapat pada buah ini.

Sebagai contoh, zat besi pada dalam buah ini dapat membantu sel darah merah untuk mengantarkan oksigen ke janin, vitamin C dan kalsium memperkuat gigi dan tulang, serta vitamin B dapat mencegah bayi cacat lahir.

Selain itu, serat pada dalam buah ini bisa membantu mengatasi sembelit pada ibu hamil.

15. Mengurangi risiko anemia
Tidak hanya untuk ibu hamil, semua orang membutuhkan zat besi untuk menjaga kesehatan darah.

Kandungan buah naga merah ini dapat membantu sel darah merah mengangkut oksigen ke seluruh organ dan tubuh. Ada pun kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia defisiensi besi. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.