12 Manfaat Kecambah atau Toge Khusus untuk Pria, Salah Satunya Meningkatkan Kesuburan

Manfaat kecambah atu toge untuk pria. (Foto: Sehatq)

Sukoharjonews.com – Bukan rahasia lagi bahwa manfaat toge untuk pria salah satunya berdampak pada kesuburan. Di negara-negara Asia, toge atau kecambah banyak digunakan sebagai campuran menu utama. Kandungan nutrisinya pun sangat beragam.


Manfaat kecambah atau toge untuk pria tak lepas dari kandungan berbagai macam nutrisi di dalamnya, yaitu: kalori, protein, karbohidrat, serat, gula, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, natrium, zinc, tembaga, vitamin A, vitamin B kompleks, dan vitamin C.

Manfaat toge untuk pria
Agar kesehatan organ reproduksi pria senantiasa terjaga, pria disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan bergizi, salah satunya kecambah atau toge. Dikutip dari Sehatq, Minggu (18/9/2022), berikut ini adalah sejumlah manfaat kecambah taau toge untuk pria:

1. Meningkatkan kualitas sperma
Dalam kaitannya dengan kesuburan, manfaat tauge untuk pria disebut bisa meningkatkan kualitas sperma. Protein dalam toge 19% lebih tinggi dibandingkan dengan biji-bijian lainnya.

Selain itu, ada juga vitamin E, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin B1, dan vitamin K, zinc, serta asam amino di dalamnya. Zat-zat tersebut juga berperan penting terhadap kualitas dan kuantitas sel sperma (spermatozoa) yang dihasilkan oleh testis.

2. Mengatasi disfungsi ereksi
Disfungsi ereksi alias impotensi adalah kondisi ketika penis tidak dapat ereksi ataupun mempertahankan ereksi maksimal. Impotensi disebabkan oleh tidak lancarnya aliran darah menuju ke penis.

Oleh sebab itu, melakukan langkah-langkah untuk memperlancar aliran darah menjadi solusi agar masalah reproduksi pria yang satu ini dapat teratasi.

Toge diklaim dapat membantu mengatasi penis susah ereksi. Pasalnya, pada toge terkandung vitamin B3 (niasin). Vitamin B3 memiliki sejumlah manfaat yang salah satunya adalah melancarkan peredaran darah.


3. Meningkatkan gairah seksual
Manfaat toge untuk pria selanjutnya adalah meningkatkan gairah seksual. Selain impotensi, gairah seksual rendah juga menjadi salah satu wujud disfungsi seksual yang kerap dialami oleh para pria. Kadar hormon testosteron rendah disebut-sebut menjadi pemicunya.

Tauge mengandung vitamin B yang diklaim dapat meningkatkan kadar hormon testosteron alias hormon seks pria. Dengan mengonsumsi toge secara rutin, diharapkan gairah seksual Anda kembali meningkat.

4. Membantu mencegah kebotakan
Salah manfaar lain dari kecambah untuk ptia, antara lain membantu mencegah kebotakan. Vitamin A bekerja dengan cara merangsang folikel rambut hingga mampu menumbuhkan rambut secara cepat.

Seperti yang diketahui, kebotakan pada rambut pria salah satunya disebabkan oleh kekurangan vitamin A.

5. Meminimalisir risiko kanker prostat
Kanker prostat adalah penyakit yang terjadi ketika ada pertumbuhan sel-sel abnormal pada prostat, yakni kelenjar yang berfungsi sebagai penghasil cairan semen.

Menurut American Cancer Society, kanker prostat dialami 1 dari 8 pria dan merupakan jenis kanker yang paling banyak menyerang kaum Adam.

Untuk mencegah atau setidaknya meminimalisir risiko kanker prostat, pria sebaiknya banyak mengonsumsi makanan bergizi, utamanya yang mengandung antioksidan.

Toge adalah salah satu makanan yang mengandung antioksidan. Antioksidan bekerja dengan cara mencegah serangan radikal bebas yang memicu terjadinya kerusakan sel hingga bermutasi menjadi sel kanker berbahaya.


6. Meminimalisir risiko kanker testis
Kandungan antioksidan pada toge juga berpotensi meminimalisir risiko penyakit kanker lainnya yang mengintai pria, yakni kanker testis. Kanker ini terjadi ketika sel-sel pada testis mengalami mutasi dan merusak sel-sel sehat.

7. Meminimalisir risiko kanker penis
Penyakit kanker pada pria yang juga kemungkinan dapat diminimalisir risikonya berkat “bantuan” antioksidan pada toge adalah kanker penis.

Kanker penis memang termasuk penyakit yang jarang terjadi. Namun, Anda juga tetap harus waspada dan antisipatif terhadap penyakit reproduksi pria yang satu ini.

8. Mengurangi kecemasan akibat stres
Cemas berlebih akibat stres bisa terjadi pada setiap orang, termasuk pria. Bisa saja stres muncul dari tekanan pekerjaan, kondisi finansial, hubungan dengan pasangan, dan banyak lagi.

Kabar baiknya, ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan vitamin C dalam toge dapat menekan stres, rasa cemas, bahkan depresi. Kekurangan vitamin C dapat mengganggu proses produksi neurotransmitter (senyawa pembawa sinyal) di otak yang berpengaruh pada mood dan kualitas tidur.

Meski demikian, masih perlu banyak penelitian terkait hal ini. Jika Anda merasa kecemasan yang dialami sudah tidak wajar, solusinya adalah berkonsultasi ke tenaga kesehatan mental tepercaya.

Makan toge dalam jumlah banyak bahkan berlebihan, mungkin tidak akan membantu mengatasi kecemasan Anda.


9. Menjaga kesehatan mata
Toge juga mengandung asam folat. Itulah sebabnya manfaat toge untuk pria berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan mata terutama degenerasi makula yang risikonya meningkat seiring dengan bertambahnya usia.

Biasanya, kasus degenerasi makula terjadi pada orang berusia di atas 50 tahun. Memastikan asupan asam folat, vitamin B6, dan vitamin B12 tercukupi setiap harinya dapat menekan risiko terjadinya masalah tersebut.

10. Meningkatkan kekebalan tubuh
Zat besi juga penting dalam menjaga kekebalan tubuh seseorang. Dalam satu cangkir toge, ada cukup zat besi yang dibutuhkan seorang pria dalam sehari. Semakin tercukupi zat besi seseorang, sel-sel tubuh akan semakin kuat dan terhindar dari infeksi.

11. Mengurangi risiko jantung koroner
Vitamin K punya peran krusial dalam mencegah penyumbatan darah, salah satu pemicu terjadinya penyakit jantung koroner. Manfaat toge untuk pria berikutnya adalah memastikan asupan vitamin K tercukupi sehingga tidak ada celah penumpukan kalsium di dalam tubuh yang mana hal ini bisa berdmapak negatif bagi kesehatan.

12. Menjaga kekuatan tulang
Setidaknya 25 persen pria di usia lebih dari 50 tahun akan mengalami penurunan kualitas tulang akibat osteoporosis. Kandungan mangan dalam toge sangat bermanfaat dalam menjaga kekuatan tulang hingga usia tua sekalipun.

Ketika zat mangan berpadu dengan vitamin D, kalsium, magnesium, dan juga zinc, maka massa tulang akan semakin baik. Risiko mengalami osteoporosis pun berkurang. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.