Windows Copilot: Asisten AI yang Mengubah Cara Kita Menggunakan Komputer

Windows Copilot. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Microsoft telah lama bekerja untuk menghadirkan asisten AI ke Windows. Mereka pertama kali mencobanya pada Januari 2015 dengan Cortana, tetapi tidak berhasil. Cortana ditutup baru-baru ini, setelah delapan tahun. Namun, terinspirasi oleh tren AI yang dimulai oleh ChatGPT, Microsoft memutuskan untuk mencoba lagi. Mereka mulai mengerjakan fitur yang disebut Windows Copilot. Sekarang, mereka telah merilis preview awal dari Windows Copilot.


Apa keuntungan menggunakan Windows Copilot?
Dilansir dari Gizmochina, Selasa (4/7/2023), saat Cortana pertama kali diumumkan, banyak orang yang bersemangat dengan gagasan memiliki asisten AI untuk membantu mereka dalam tugas sehari-hari. Namun, teknologinya belum cukup, dan Cortana tidak pernah memenuhi potensi penuhnya. Sekarang, Microsoft mencoba lagi dengan Windows Copilot.

Asisten AI baru ini sedang dalam pratinjau untuk Windows 11 Dev Channel Insiders. Kopilot dirancang untuk memberikan bantuan waktu nyata, membantu pengguna dengan tugas-tugas seperti menulis kode, menulis email, dan membuat presentasi. Asisten dapat diakses dengan mengklik tombol bilah tugas atau menggunakan pintasan keyboard WIN + C.


Setelah diaktifkan, Windows Copilot akan muncul sebagai panel di samping layar. Pengguna kemudian dapat memberikan perintah kepada asisten, seperti “ketik ‘hello world’” atau “buka Microsoft Edge”. Asisten kemudian akan mengurus sisanya, secara otomatis mengetik atau membuka item yang diminta. Selain memberikan bantuan waktu nyata, Windows Copilot juga dapat belajar dari kebiasaan dan preferensi pengguna dari waktu ke waktu.

Ini berarti asisten akan menjadi lebih akurat dan bermanfaat karena lebih banyak digunakan. Windows Copilot masih dalam tahap pratinjau awal, tetapi berpotensi menjadi alat produktivitas yang andal. Asisten sangat berguna bagi orang yang baru mengenal Windows atau yang mengalami kesulitan menggunakan komputer. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *