Tips  

Tips Menyimpan Udang dalam Kulkas

Tips menyimpan udang dalam kulkas.(Foto: Storables)

Sukoharjonews.com -Udang mentah bertahan di lemari es selama satu hingga dua hari . Beberapa kemasan udang mungkin memiliki tanggal “best-by” atau “use-by”, yang menunjukkan perkiraan pengemas kapan produk tersebut akan memiliki kualitas terbaik. Udang mungkin bertahan setelah tanggal tersebut selama dua hari, tetapi jika Anda tidak yakin, periksa tekstur dan baunya.


Dilansir dari Eatting Well, Kamis (22/2/2024),jika udang berlendir atau berbau seperti amonia, sebaiknya dibuang saja. Karena krustasea memiliki masa pakai yang singkat di lemari es sebelum harus dimasak, pastikan untuk memikirkan resepnya saat Anda membelinya. Jika Anda tidak bisa memasaknya dalam dua hari, Anda bisa membekukan udang mentah, yang akan memperpanjang umur kegunaannya.

Untuk membekukan udang, letakkan dalam satu lapisan di atas loyang dan bekukan hingga padat (langkah ini memastikan udang tidak menggumpal saat dibekukan). Kemudian, pindahkan ke dalam kantong kedap udara dan aman untuk freezer. Meskipun udang dapat bertahan hingga satu tahun di dalam freezer, sebaiknya gunakan dalam waktu tiga bulan untuk mendapatkan rasa dan tekstur yang optimal. Pastikan untuk memberi label dan tanggal pada kantong sehingga Anda tahu kapan kantong tersebut pertama kali dibekukan.


Udang Masak Tahan Berapa Lama di Kulkas?
Udang yang dimasak bertahan di lemari es selama tiga hingga empat hari. Jika Anda perlu memanaskan kembali udang, kami sarankan melakukannya menggunakan metode memasak udang pada awalnya. Saat memanaskan kembali, gunakan suhu yang lebih rendah agar tidak terlalu matang. Anda juga bisa menambahkan sedikit air, lemak atau cairan yang digunakan untuk memasak udang. Pastikan untuk sering memeriksa udang untuk melihat apakah udang masih panas karena bisa cepat matang, dan hasilnya adalah tekstur yang kenyal.

Cara lainnya, jika udang dimakan dengan sisa makanan lain seperti pasta atau nasi, Anda bisa memanaskan tepung kanji terlebih dahulu lalu mencampurkan udang dingin untuk menghilangkan sebagian rasa dinginnya tanpa khawatir tekstur udang akan rusak. Anda juga bisa mendiamkan udang yang sudah matang selama sekitar 15 menit hingga mencapai suhu ruangan.


Cara Menyimpan Udang di Kulkas
Simpan udang mentah dalam kemasan aslinya di rak paling bawah lemari es. Jika ada cairan yang bocor dari wadah udang, menyimpan bahan jauh dari makanan lain akan membantu meminimalkan risiko kontaminasi silang. Untuk udang yang sudah matang, simpan dalam wadah kedap udara di lemari es. Untuk memastikan udang mentah atau matang Anda tetap aman, pastikan lemari es Anda berada pada suhu yang tepat, 40℉ atau lebih rendah.

Catatan
Udang mentah bertahan di lemari es selama satu hingga dua hari tetapi bisa bertahan berbulan-bulan jika dibekukan. Udang yang dimasak bertahan tiga hingga empat hari. Untuk memanaskan kembali udang yang sudah matang, gunakan suhu yang lebih rendah dan sering-seringlah memeriksanya agar tidak terlalu matang. Saat menyimpan udang mentah di lemari es, simpanlah di rak paling bawah.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *