Tips Membiasakan Anak Gemar Menabung, Ternyata Mudah!

Tips membiasakan anak gemar menambung. (Foto: Freepik)

Sukoharjonews.com – Menabung ialah keterampilan penting yang dibutuhkan untuk kualitas hidup lebih baik ke depannya. Sayangnya, tidak semua orang terampil untuk menyimpan uang bahkan ada yang sampai tidak memiliki simpanan uang sama sekali sehingga mengalami kesulitan finansial.


Cara terbaik untuk menghindari permasalahan tersebut tentunya ialah melakukan kebiasaan menabung sedari dini. Dibutuhkan peran orang tua untuk mengajari anak untuk terbiasa menyisihkan uang dan bijak dalam menggunakannya.

Lantas seperti apakah cara paling tepat yang bisa dilakukan oleh orang tua? Berikut adalah beberapa tips membiasakan si kecil rajin menabung seperti dilansir dari Family Education, Kamis (26/01/2023) ada cara – cara membiasakan anak untuk menabung. Yuk, simak penjelasannya di sini!

1. Kenalkan Konsep Uang dan Menabung
Pembelajaran bisa dimulai dari mengenalkan anak dengan uang seperti warna, besaran nominal serta kegunaan utamanya sebagai alat tukar untuk mendapatkan barang tertentu. Bersamaan dengan itu, jelaskan juga konsep menabung yakni menyisihkan sebagian uang untuk membeli dan memperoleh sesuatu.


2. Latihan Menabung Memakai Celengan
Bentuk dan warna-warnanya yang unik membuat celengan menjadi cara terbaik untuk meningkatkan antusias anak saat belajar menabung. Gambarkan pada anak bahwa celengan ialah tempat menyisihkan uang di mana semakin banyak yang tersimpan maka semakin mudah keinginan mereka tercapai.

3. Melibatkan Anak Saat Berbelanja
Melatih anak untuk mengatur keuangan bisa dimulai dari hal sederhana salah satunya mengajak mereka berbelanja. Beri tahu jumlah uang yang kamu punya dan mintalah bantuan kepada anak untuk menemukan barang dengan harga yang lebih murah sehingga ada sisa untuk ditabung.


4. Meminta Anak Menuliskan Pengeluaran
Bagian terpenting dari menabung ialah memahami ke mana uang harus dikeluarkan dan hal inilah yang perlu diajarkan kepada anak.

Setiap kali anak mendapatkan uang saku, mintalah mereka untuk mulai menuliskan apa saja yang telah dibeli beserta besaran uang yang dikeluarkan. Ketika sampai di akhir pekan, ajak anak untuk menjumlahkan total keseluruhan dan biarkan mereka memahami apakah pola pengeluarannya mempercepat atau justru menghambat proses menabung.

5. Berikan Contoh Perilaku yang Baik
Sebagai agen sosialisasi utama, orang tua menjadi sumber informasi paling dekat yang dicontoh dan mempengaruhi karakter anak. Dengan kata lain, kebiasaan menabung akan lebih cepat diterapkan oleh anak jika kamu sebagai orang tua juga berperilaku yang sesuai. (patrisia argi/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *