Tips Membangun Hubungan yang Sehat

Membangun hubungan sehat.(Foto: lvy lverss)

Sukoharjonews.com – Anda ingin menjaga hubungan romantis baru tetap kuat atau memperbaiki hubungan yang rusak, tips berikut dapat membantu Anda merasa dicintai dan terhubung dengan pasangan.


Dilansir dari help guide, Selasa (21/5/2024), semua hubungan romantis mengalami pasang surut dan semuanya membutuhkan kerja keras, komitmen, dan kemauan untuk beradaptasi dan berubah dengan pasangan Anda. Namun apakah hubungan Anda baru saja dimulai atau Anda sudah bersama selama bertahun-tahun, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk membangun hubungan yang sehat. Bahkan jika Anda pernah mengalami banyak hubungan yang gagal di masa lalu atau pernah berjuang sebelumnya untuk menyalakan kembali api romansa dalam hubungan Anda saat ini, Anda dapat menemukan cara untuk tetap terhubung, menemukan kepuasan, dan menikmati kebahagiaan abadi.

Apa yang membuat hubungan menjadi sehat?
Setiap hubungan itu unik, dan orang-orang bersatu karena berbagai alasan. Bagian dari definisi hubungan yang sehat adalah berbagi tujuan yang sama tentang hubungan yang Anda inginkan dan ke mana tujuan Anda. Dan itu adalah sesuatu yang hanya akan Anda ketahui dengan berbicara secara mendalam dan jujur ??dengan pasangan Anda.

Namun, ada juga beberapa karakteristik yang dimiliki oleh sebagian besar hubungan yang sehat. Mengetahui prinsip-prinsip dasar ini dapat membantu menjaga hubungan Anda tetap bermakna, memuaskan, dan menyenangkan, apa pun tujuan atau tantangan yang Anda hadapi bersama.

Anda menjaga hubungan emosional yang bermakna satu sama lain. Anda masing-masing membuat satu sama lain merasa dicintai dan terpenuhi secara emosional. Ada perbedaan antara dicintai dan merasa dicintai. Ketika Anda merasa dicintai, itu membuat Anda merasa diterima dan dihargai oleh pasangan Anda, seolah-olah seseorang benar-benar memahami Anda. Beberapa hubungan terjebak dalam hidup berdampingan secara damai, namun tanpa pasangan yang benar-benar berhubungan satu sama lain secara emosional. Meskipun persatuan tersebut mungkin tampak stabil di permukaan, kurangnya keterlibatan dan hubungan emosional hanya akan menambah jarak antara dua orang.

Anda tidak takut dengan perselisihan (dengan hormat). Beberapa pasangan membicarakan semuanya dengan tenang, sementara yang lain mungkin bersuara dan sangat tidak setuju. Namun, kunci dalam hubungan yang kuat adalah jangan takut akan konflik . Anda perlu merasa aman untuk mengungkapkan hal-hal yang mengganggu Anda tanpa takut akan pembalasan, dan mampu menyelesaikan konflik tanpa penghinaan, degradasi, atau bersikeras untuk menjadi benar.

Anda menjaga hubungan dan kepentingan luar tetap hidup. Terlepas dari klaim fiksi atau film romantis, tidak ada satu orang pun yang dapat memenuhi semua kebutuhan Anda. Faktanya, berharap terlalu banyak pada pasangan bisa memberikan tekanan tidak sehat pada suatu hubungan. Untuk merangsang dan memperkaya hubungan romantis Anda, penting untuk mempertahankan identitas Anda di luar hubungan, menjaga hubungan dengan keluarga dan teman, serta mempertahankan hobi dan minat Anda.


Kiat-kiat berikut dapat membantu Anda mempertahankan pengalaman jatuh cinta dan menjaga hubungan romantis Anda tetap sehat.

Habiskan waktu berkualitas sambil bertatap muka
Anda jatuh cinta melihat dan mendengarkan satu sama lain. Jika Anda terus melihat dan mendengarkan dengan penuh perhatian, Anda dapat mempertahankan pengalaman jatuh cinta dalam jangka panjang. Anda mungkin memiliki kenangan indah saat pertama kali berkencan dengan orang yang Anda cintai. Segalanya tampak baru dan menarik, dan Anda mungkin menghabiskan waktu berjam-jam hanya mengobrol bersama atau memikirkan hal-hal baru yang menarik untuk dicoba.

Tetap terhubung melalui komunikasi
Komunikasi yang baik adalah bagian mendasar dari hubungan yang sehat. Ketika Anda mengalami hubungan emosional yang positif dengan pasangan, Anda merasa aman dan bahagia. Ketika orang-orang berhenti berkomunikasi dengan baik, mereka pun berhenti berhubungan dengan baik, dan saat-saat perubahan atau stres dapat menyebabkan putusnya hubungan. Ini mungkin terdengar sederhana, tetapi selama Anda berkomunikasi, Anda biasanya dapat mengatasi masalah apa pun yang Anda hadapi.

Pertahankan keintiman fisik tetap hidup
Sentuhan adalah bagian mendasar dari keberadaan manusia. Penelitian pada bayi menunjukkan pentingnya kontak kasih sayang yang teratur untuk perkembangan otak. Dan manfaatnya tidak berakhir pada masa kanak-kanak. Kontak penuh kasih sayang meningkatkan kadar oksitosin dalam tubuh, hormon yang memengaruhi ikatan dan keterikatan.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *