Tinggi Kalsium, ini sayuran yang Bagus untuk Kesehatan Tulang

Makanan tinggi kalsium.(Foto:Alodokter)

Sukoharjonews.com – Kalsium adalah mineral yang terkenal karena peran pentingnya dalam kesehatan tulang . Kalsium juga membantu menjaga ritme jantung , fungsi otot, dan banyak lagi. Karena manfaat kesehatannya, kalsium menjadi salah satu suplemen terlaris di AS


Dilansir dari WebMD, Rabu (24/4/2024), tubuh Anda menyimpan banyak kalsium. Sekitar 99% mineral ini disimpan di tulang dan gigi Anda. 1% lainnya ada di darah dan jaringan lunak Anda.

Mengonsumsi makanan kaya kalsium penting untuk pertumbuhan dan menjaga kekuatan tulang. Ini juga merupakan nutrisi penting untuk fungsi sel yang sehat. Tubuh Anda membutuhkan kalsium untuk mendukung fungsi otot dan saraf serta mengatur tekanan darah dan kadar hormon, serta membantu komunikasi antar sel.

Makanan Dengan Kalsium
Meskipun banyak suplemen tersedia, para ilmuwan menyarankan setidaknya setengah dari asupan kalsium Anda berasal dari makanan.


Kelima makanan ini adalah beberapa sumber kalsium terbaik:

1. Produk susu
Produk seperti susu, yogurt, dan keju kaya akan kalsium dan cenderung menjadi sumber kalsium yang paling mudah diserap. Tubuh Anda tidak menyerap kalsium dengan baik dari makanan nabati.

2. Makanan yang diperkaya kalsium
Sereal sering kali diperkaya dengan kalsium. Beberapa sereal yang diperkaya menyediakan sebanyak 100 miligram kalsium per porsi.

3. Salmon kalengan
Selain produk susu, salmon kalengan adalah salah satu sumber kalsium terbaik. Hanya 3 ons salmon kalengan menyediakan 181 miligram. Salmon juga mengandung vitamin D, yang membantu tubuh Anda menyerap lebih banyak kalsium.


Sumber kalsium vegan

1. Buah ara
Buah ara kering bisa menjadi camilan sehat, manis, dan padat kalsium. Dua buah ara mengandung sekitar 27 miligram. Sebagai pemanis alami, buah ini juga menjadi alternatif yang lebih sehat dibandingkan gula rafinasi.

2. Sayuran berdaun hijau tua
Kangkung, bayam, dan sawi yang dimasak merupakan sumber kalsium yang baik. Anehnya, kangkung yang dimasak memiliki lebih banyak kalsium per porsi dibandingkan susu, yaitu 177 miligram per cangkir. Daun hijau serbaguna ini juga melawan penyakit jantung, kanker, dan peradangan.

Sayuran sawi yang dimasak memiliki jumlah tertinggi: satu cangkir menyediakan 268 miligram kalsium.


3.Bok choy
Bok choy – juga disebut kubis putih, kubis Cina, atau pak-choi – memiliki sekitar 74 miligram kalsium dalam setiap cangkirnya.

Bok choy juga kaya akan vitamin A dan vitamin C. Satu cangkir daun hijau yang dimasak menyediakan lebih dari 40% RDA untuk vitamin A dan hampir 2/3 RDA untuk vitamin C.

4. Brokoli
Secangkir brokoli mentah mengandung sekitar 35 miligram kalsium. Brokoli matang dalam jumlah yang sama mengandung 76 miligram.

5. Kecipir Kecipir
, juga disebut kacang goa, tumbuh di negara tropis yang lembab. Satu porsi 44 gram memberi Anda lebih dari 4% dari nilai kalsium harian yang Anda rekomendasikan.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *