Sukoharjo Kembali Sabet Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2024

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani foto bersama Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) 2024.

Sukoharjonews.com – Penghargaan kembali diraih Pemkab Sukoharjo. Kali ini, Kabupaten Sukoharjo meraih Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) 2024 Kategori Kota Kecil. Penghargaan serupa diraih Sukoharjo tahun 2016 lalu.

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, mengatakan, penghargaan Wahana Tata Nugraha merupakan penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat kepada Provinsi, Kota/Kabupaten yang dinilai berprestasi dalam penyelenggaraan transportasi perkotaan dan fasilitas publik dengan baik.

“Penghargaan ini diperoleh tidak semata-mata dari kinerja Dinas Perhubungan, namun karena sinergitas dari seluruh stakeholders, baik kepolisian, TNI, OPD terkait juga masyarakat pengguna jalan, komunitas-komunitas maupun para pekerja tranportasi, yang telah mendukung transportasi yang aman, nyaman, tertib selamat dan berkelanjutan,” ujarnya, Selasa (10/9/2024).

Untuk itu, Bupati mengajak masyarakat Sukoharjo serta para stakeholders untuk mendukung tercapaiya transportasi berkelanjutan yang aman, nyaman, tertib selamat dan berkelanjutan, dengan menggunakan transportasi secara bijaksana.

Untuk diketahui, penilaian WTN 2024 melingkupi beberapa kriteria, yaitu Lalu Lintas, Angkutan, Sarana Transportasi Darat, Prasarana Transportasi Darat, dan Bidang Umum. Piala WTN diberikan kepada lima kota raya, lima kota besar dan 10 kota sedang dan 20 kota kecil.

Disisi lain, Kepala Dishub Sukoharjo, FX Toni Sribuntoro mengatakan, dalam rangka menyambut Hari Perhubungan Nasional, Kemeterian Perhubungan menyelenggarakan acara Hub Space 2024 pada 6 September 2024 lalu di JIEXPO Kemayoran Jakarta. Dalam acara tersebut penghargaan diberikan kepada Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota, yakni Hub Awards.

Penghargaan diberikan kepada Pemerintah Daerah dan pejuang transportasi yang berjasa dalam meningkatkan keselamatan serta kemajuan transportasi di wilayah mereka. Hub Awards terbagi menjadi dua kategori yaitu untuk kategori ‘Inovasi Integrasi Antar-Moda Transportasi’ melihat bidang darat, dukungan integrasi moda lain, dan dampak integrasi antarmoda.

Sedangkan kategori ‘Sistem Transportasi Berkelanjutan’ mempertimbangkan unsur sarana dan prasarana (Darat, Laut, Udara), komitmen kuat terhadap sektor transportasi, dan penyediaan angkutan umum. Masing-masing dikelompokkan lagi menjadi kabupaten kecil, kabupaten sedang, kabupaten besar, dan kabupaten raya.

“Kabupaten Sukoharjo masuk dalam kategori kota besar dengan nominasi sistem transportasi berkelanjutan dan meraih peringkat 3 besar Hub Awards 2024 dengan nominasi Transportasi Berkelanjutan kategori Kabupaten besar,” ujar Toni. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *