Stop Makan Buah Ini, Bagi Anda Penderita Asam Urat!

Larangan buah-buahan bagi penderita asam urat.(Foto: cnn)

Sukoharjonews.com – Asam urat merupakan sisi lain dari purin, zat alami di dalam tubuh yang biasanya keluar dari tubuh melalui urin. Masalahnya dimulai ketika ginjal tidak mampu membantu mengeluarkan asam urat atau tubuh kita memproduksi terlalu banyak asam urat.


Penderita asam urat punya pantangan makan tertentu. Sebab, ada beberapa jenis makanan yang bisa memicu asam urat kambuh, termasuk dari jenis buah-buahan. Nah, buah apa saja yang tidak boleh dimakan penderita asam urat?

Dikutip dari Grid Health, pada Selasa (14/5/2024), inilah buah-buahan yang tidak baik bagi penderita asam urat:

1. Jeruk dan jeruk nipis
Buah-buahan asam seperti jeruk dan jeruk nipis mengandung senyawa yang dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh.


2. Buah ceri
Meskipun ceri kaya akan antioksidan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ceri secara berlebihan dapat meningkatkan risiko asam urat.

3. Buah anggur
Anggur, terutama jenis anggur merah, mengandung senyawa bernama purin yang dapat memicu peningkatan kadar asam urat.

4. Buah nanas
Nanas mengandung enzim bromelain yang dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh.

5. Buah durian
Durian mengandung purin dalam jumlah yang cukup tinggi, yang dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat.


Meskipun beberapa buah-buahan dapat memicu peningkatan asam urat, penting untuk diingat bahwa buah-buahan secara umum memiliki banyak manfaat kesehatan.

Pengelolaan konsumsi dengan memilih buah-buahan yang lebih rendah purin dan memperhatikan porsi dan waktu konsumsi dapat membantu menjaga kesehatan yang lebih baik bagi penderita asam urat.

Asam urat adalah kondisi yang membutuhkan pengelolaan diet yang tepat, termasuk pengelolaan konsumsi buah-buahan tertentu.

Dengan memerhatikan jenis buah-buahan yang bisa memicu asam urat, serta mengikuti tips mengelola konsumsi yang disarankan, Anda dapat membantu menjaga kadar asam urat dalam batas normal dan mengurangi risiko gejala yang tidak nyaman.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *