Sony Xperia 1 VI Diluncurkan dengan Chip Snapdragon 8 Gen 3, Kamera Utama Exymor T 48MP dan Kamera Zoom 7,1x yang Ditingkatkan

Sony Xperia 1 VI. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Sony baru saja mengadakan acara peluncuran virtual untuk debut smartphone Xperia barunya, dengan fokus pada andalan Xperia 1 VI. Ponsel ini memiliki prosesor baru, beberapa peningkatan di bagian kamera, dan desain yang lebih konvensional.


Desain & tampilan
Dikutip dari Gizmochina, Rabu (22/5/2024), Xperia 1 VI terus mengikuti filosofi desain minimalis Sony, menawarkan desain kotak dengan tepi datar dan punggung datar. Bagian belakangnya juga memiliki pulau kamera berbentuk pil, mengingatkan pada pendahulunya.

Perubahan terbesar pada desain berasal dari layar, yang kini lebih konvensional dengan rasio 19,5:9, dibandingkan rasio aspek bioskop 21:9. Perubahan ini membuat smartphone menjadi lebih pendek dan lebar dibandingkan pendahulunya.

Sony juga memutuskan untuk membuang layar 4K OLED dan memilih panel FHD+ 6,5 inci (1080 x 2340 piksel). Ponsel ini masih menggunakan panel OLED yang memiliki sertifikasi HDR, cakupan penuh color gamut DCI-P3 & X1 for mobile. Ini menawarkan kecepatan refresh 1-120Hz, kecepatan pengambilan sampel sentuh 240Hz, dan pengurangan blur 240Hz.

Layar dan bagian belakang dilengkapi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass Victus 2. Meskipun ada perubahan pada rasio aspek, ponsel ini masih memiliki bezel atas dan bawah yang besar.


Display
Di bagian dalamnya, Xperia 1 VI mengemas prosesor Snapdragon 8 Gen 3, yang memiliki grafis Andreno 750 onboard. Prosesor ini dipasangkan dengan RAM LPDDR5X hingga 12GB dan penyimpanan UFS 4.0 256GB (model 512GB akan tersedia di Jepang dan Asia Timur). Sony juga menawarkan kemampuan perluasan memori hingga 1,5TB melalui kartu microSD. Untuk mengatasi panas, ponsel ini telah menyertakan sistem pendingin ruang uap.

Untuk audio, perangkat ini menawarkan speaker stereo depan full-stage yang hadir dengan peningkatan pada bass, kejernihan, dan penyebaran suara dalam lebar dan kedalaman dibandingkan pendahulunya.

Ia juga memiliki jack 3.5mm untuk mendengarkan kabel dan telah menyertakan teknologi seperti 360 Reality Audio, decoding perangkat keras 360 Reality Audio, 360 Spatial Sound, Dolby Atmos, LDAC, DSEE Ultimate, Qualcomm aptX HD audio dan LE Audio untuk pengalaman audio yang kaya.


Paket baterainya menawarkan kapasitas 5.000mAh, dipasangkan dengan pengisian cepat USB PD 30W serta pengisian daya Nirkabel Qi. Untuk konektivitasnya memiliki dukungan 5G, 4G VoLTE, Wi-Fi 6E 802.11 ax, dan Bluetooth 5.4 LE. Untuk navigasi, ponsel ini mendukung GPS dan GLONASS.

Selain itu, ia memiliki port USB 3.2 Type-C, NFC, dan sensor sidik jari yang dipasang di samping untuk keamanan. Ini memiliki sistem operasi berbasis Android 14, dan Sony berjanji untuk memberikan tiga pembaruan versi Android dan dukungan keamanan selama empat tahun.


Kamera
Sorotan utama ponsel ini, sistem kameranya dilengkapi unit utama 48MP dengan sensor 1/1.3.5″ Exymor T di dalamnya. Ini adalah sensor yang sama dengan model andalan Xperia tahun lalu. Ini memiliki aperture f/1.9 dengan dukungan Hybrid OIS dan EIS. Kamera kedua di belakang adalah ultra lebar 12MP dengan aperture f/2.2 dan panjang fokus 16mm.

Kamera ketiga dan terakhir di bagian belakang adalah kamera telefoto dengan sensor 1/3,5″, dan lensa zoom optik 85mm-170mm yang ditingkatkan yang menawarkan zoom optik 3,5x hingga 7,1x (zoom hybrid 21,3x). Semua kamera belakang memiliki lensa berlapis ZEISS T*.

Kamera depan memiliki sensor ponsel Exmor RS 12MP 1/2.9″ dengan aperture f/2.0 dan bidang pandang 84°. Sistem kamera Xperia 1 VI mampu merekam video hingga 4K 120FPS. Sony juga telah memperbarui aplikasi kamera pada Xperia 1 VI agar lebih mudah diakses dan ramah pengguna bagi pengguna point-and-shoot. Mode Pro masih tersedia bagi pengguna yang lebih suka menyesuaikan pengaturan kamera sesuai keinginannya.

Harga & ketersediaan
Xperia 1 VI mulai dari 1.399 Euro atau Rp24,2 jutaan dan akan tersedia mulai awal Juni. Muncul dalam warna Hitam, Perak Platinum, dan Hijau Khaki. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *