Simak Penyakit Seputar Diare Disini!

Tentang penyakit diare.(Foto: priyama hospital)

Sukoharjonews.com – Diare adalah salah satu jenis gangguan pencernaan yang paling umum dijumpai, dan dapat memengaruhi semua golongan usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Gejala utamanya ditandai dengan peningkatan frekuensi buang air besar, yaitu lebih dari 3 kali sehari, serta tekstur feses yang cenderung cair.


Dilansir dari Mayo Clinic, pada Sabtu (11/5/2024), saat melakukan diagnosa, ahli kesehatan Anda akan menanyakan riwayat kesehatan Anda, meninjau obat yang Anda minum, melakukan pemeriksaan fisik, dan mungkin memerintahkan tes untuk menentukan penyebab diare Anda. Tes yang mungkin dilakukan meliputi:

● Tes darah. Tes hitung darah lengkap, pengukuran elektrolit, dan tes fungsi ginjal dapat membantu menunjukkan tingkat keparahan diare Anda.
● Tes tinja. Dokter Anda mungkin merekomendasikan tes tinja untuk mengetahui apakah bakteri atau parasit menyebabkan diare Anda.
● Tes napas hidrogen. Jenis tes ini dapat membantu menentukan apakah Anda memiliki intoleransi laktosa. Setelah Anda meminum cairan yang mengandung laktosa tingkat tinggi, napas Anda diukur kandungan hidrogennya secara berkala. Menghembuskan terlalu banyak hidrogen menunjukkan bahwa Anda tidak sepenuhnya mencerna dan menyerap laktosa.
● Endoskopi bagian atas. Dokter menggunakan tabung panjang dan tipis dengan kamera di ujungnya untuk memeriksa perut dan usus kecil bagian atas. Mereka mungkin mengambil sampel jaringan untuk dianalisis di laboratorium.


Sebagian besar kasus diare akut akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari tanpa pengobatan. Jika Anda sudah mencoba perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan untuk diare namun tidak berhasil, dokter Anda mungkin merekomendasikan obat-obatan atau perawatan lain.

Antibiotik atau antiparasit
Antibiotik atau obat antiparasit dapat membantu mengatasi diare yang disebabkan oleh bakteri atau parasit. Jika diare disebabkan oleh virus, antibiotik tidak akan membantu.

Perawatan untuk mengganti cairan
Dokter Anda kemungkinan besar akan menyarankan Anda untuk mengganti cairan dan garam. Bagi kebanyakan orang dewasa, itu berarti minum air dengan elektrolit, jus, atau kaldu. Jika minum cairan membuat perut Anda sakit atau menyebabkan muntah, dokter Anda mungkin menyarankan untuk mendapatkan cairan infus .

Air adalah cara yang baik untuk menggantikan cairan, tetapi air tidak mengandung garam dan elektrolit – mineral seperti natrium dan kalium – yang penting agar tubuh Anda berfungsi. Anda dapat membantu menjaga kadar elektrolit Anda dengan minum jus buah untuk potasium atau makan sup untuk natrium. Namun jus buah tertentu, seperti jus apel, dapat memperburuk diare.

Untuk anak-anak, tanyakan kepada dokter Anda tentang penggunaan larutan rehidrasi oral, seperti Pedialyte, untuk mencegah dehidrasi atau mengganti cairan yang hilang.


Menyesuaikan obat-obatan yang Anda minum
Jika dokter Anda menentukan bahwa antibiotik menyebabkan diare Anda, mereka mungkin menurunkan dosis Anda atau beralih ke obat lain.

Mengobati kondisi yang mendasarinya
Jika diare yang Anda alami disebabkan oleh kondisi yang lebih serius, seperti penyakit radang usus, dokter akan berupaya mengendalikan kondisi tersebut. Anda mungkin akan dirujuk ke spesialis, seperti ahli gastroenterologi, yang dapat membantu merancang rencana pengobatan untuk Anda.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *