Simak Manfaat Penting Minyak Kelapa Untuk Kulit Bayi

Manfaat minyak kelapa untuk bayi. (Foto: jpnn)

Sukoharjonews.com – Virgin Coconut Oil (VCO) atau minyak kelapa murni adalah minyak alami yang diekstrak dari daging kelapa segar. Minyak kelapa belakangan ini hangat diperbincangkan karena beragam manfaat baik untuk kesehatan tubuh dan kulit.


Di luar beragam manfaatnya untuk kecantikan , ternyata masih banyak manfaat VCO untuk bayi lho, termasuk untuk MPASI. Penasaran apa saja manfaatnya? Dikutip dari Mother and Beyond, pada Selasa (27/2/2024), inilah manfaat penting minyak kelapa untuk bayi:

1. Menghilangkan Cradle Cap
Cradle cap merupakan salah satu masalah kulit bayi yang sangat umum terjadi. Kondisi ini membuat kulit kepala bayi Anda kering, berubah warna menjadi lebih gelap, dan mengelupas. Anda bisa mengoleskan minyak kelapa sambil menggosok perlahan area kulit kepala Si Kecil yang mengalami cradle cap. Penggunaan minyak kelapa secara rutin mampu menghilangkan masalah cradle crap pada kulit kepala bayi.

2. Mengatasi Infeksi Jamur
Kulit bayi yang masih sensitif rentan terkena infeksi jamur ataupun bakteri. Infeksi jamur umum terjadi di bagian pantat, leher, ketiak, dan area lipatan lainnya. Masalah kulit ini akan membuat bayi merasa beresiko, gatal, dan ia pun jadi rewel.

Memandikan bayi secara rutin menggunakan air hangat yang sudah diberi campuran minyak kelapa bisa membantu meringankan infeksi tersebut, karena minyak kelapa asam mengandung laurat dalam jumlah besar. Asam laurat sendiri dikenal sebagai antibakteri, antijamur, dan antivirus.


3. Menghilangkan Jerawat Bayi
Meski masih bayi, kulit wajah Si Kecil juga bisa timbul jerawat, yang biasa disebut dengan jerawat bayi. Untuk menghilangkannya, Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai obat herbal yang ampuh. Asam lemak esensial antiseptik yang ditemukan dalam minyak kelapa dapat membantu mencegah dan menghilangkan infeksi bakteri ketika dikonsumsi melalui mulut atau dioleskan langsung ke kulit Si Kecil.

4. Mengatasi Ruam Popok
Penggunaan popok pada bayi bisa membuat kulitnya menjadi lebih sensitif dibandingkan bagian kulit lainnya. Jika sudah meradang, hal ini bisa menyebabkan ruam popok yang tentunya bisa membuat Si Kecil jadi tidak nyaman. Untuk mengatasi masalah ruam popok, Anda juga bisa mengoleskan minyak kelapa secara rutin untuk meredakannya.


5. Mengatasi Eksim pada Bayi
Masalah kulit seperti eksim yang menyerang bayi bisa mengakibatkan kulitnya menjadi sangat kering dan terasa gatal. Minyak kelapa akan membantu melembapkan kulit Si Kecil. Selain itu, kandungan vitamin dan antioksidan dalam minyak kelapa juga akan membantu mengatasi eksim. Manfaat antimikroba dari minyak kelapa juga membantu menurunkan pertumbuhan kuman.

6. Mengobati Gigitan Serangga
Mengoleskan sedikit minyak kelapa murni di bagian tubuh yang mengikis serangga, lalu diamkan selama beberapa saat, bisa membantu meredakan peradangan akibat gigitan serangga tersebut. Minyak kelapa murni memiliki manfaat antibakteri dan antiradang yang bisa membantu mengatasi masalah gigitan serangga.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *