Simak Makanan Berbahan Susu ini Aman untuk Diet

Tips terbaik mengubah pikiran orang. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Semua orang pernah melalui sebuah momen perdebatan sengit dengan lawan bicara yang pada akhirnya berakhir buruk. Meskipun mungkin terasa melegakan, marah-marah dan mengutuk orang lain ketika sedang berdebat tidak akan membantu orang tersebut memahami sudut pandangmu.


Dilansir dari i Time, Kamis (27/4/2023), mencoba memenangkan perdebatan, lebih baik kamu mencoba fokus untuk menunjukkan kasih sayang dan keingintahuanmu terhadap sudut pandang orang lain, inilah beberapa langkah sederhana yang bisa kamu coba gunakan untuk mengubah pikiran orang lain.

Memulai Percakapan dengan Tenang
Memulai percakapan dengan pola pikir yang benar adalah kunci utama untuk mengubah pikiran orang lain. Untuk mempraktikkan hal ini, kamu harus berusaha untuk bersikap tenang, berkepala dingin, dan terbuka untuk belajar.

Jika kamu merasa terlalu bersemangat dan ada kemungkinan untuk mengamuk di tengah percakapan, sebaiknya bicarakan topik itu di kesempatan lain. Sementara itu, saat gugup, alih-alih menyembunyikannya, cobalah untuk terbuka kepada lawan bicara karena hal ini akan membuat sikap mereka menjadi lebih lembut.

Jangan pula berasumsi bahwa lawan bicara membencimu hanya karena berbeda pendapat. Memulai percakapan dengan pikiran bahwa orang lain membencimu dan tidak akan mendengarkan pendapatmu hanya akan membuat percakapan berjalan dengan buruk.


Menunjukkan Empati
Apa pun yang dibicarakan oleh lawan bicaramu, pastikan untuk mendengarkannya dengan penuh empati, tanpa menghakimi. Jika kamu mencoba melabeli tanpa mendengarkan, percakapan hanya akan berakhir dengan saling menyerang satu sama lain sehingga kemungkinan untuk mengubah pikiran orang lain akan hilang sepenuhnya.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Psychological Science menyatakan bahwa berempati dengan orang lain yang berbeda pendapat denganmu akan membuat argumen yang kamu lontarkan berikutnya akan terdengar lebih persuasif.

Saat kamu merasa kesulitan untuk menunjukkan empati dengan lawan bicara, coba bayangkan sosok mereka ketika masih kecil. Kamu juga bisa mencoba mengingat kembali momen menyenangkan yang pernah kalian habiskan bersama.


Menemukan Kesamaan dalam Perbedaan
Saat mencoba mengubah pikiran orang lain, percakapan tidak bisa hanya melulu soal mengoreksi pendapat orang lain, tetapi juga soal menemukan cara agar bisa memahami satu sama lain.

Strategi yang bisa kamu terapkan adalah menyetujui pendapat mereka sampai titik tertentu sebelum menentang bagian yang tidak kamu setujui. Hal ini bisa membuat orang lain lebih berpikiran terbuka sebelum mengajak mereka untuk melihat sudut pandang yang baru. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *