Simak Ini 5 Cara Membela Pasangan Secara Sehat Menurut Ahli

Cara membela pasangan menurut para ahli. (Foto : Unplash)

Sukoharjonews.com – Memiliki pasangan adalah anugerah yang luar biasa indah, namun, bukan berarti bebas rintangan. Dalam hubungan pernikahan, kita akan dihadapkan dengan berbagai situasi yang bisa jadi tidak mengenakkan. Salah satunya situasi yang menuntut kita untuk membela pasangan dari berbagai macam tindakan yang dapat merugikan.


Dilansir dari Focus on the Family Australia, Jum’at (21/4/2023), dengan dalih atas nama cinta, terkadang seseorang bisa membela pasangannya hingga melakukan kekerasan terhadap orang lain. Namun tidak perlu lakukan cara kotor, memberikan cara untuk membela pasangan secara sehat. Simak ulasannya berikut ini!

1. Tetapkan Batasan
Jangan biarkan berlarut, kamu harus tetapkan batas dengan mereka yang selalu merendahkan, menyakiti, atau tidak menghargai pasanganmu. Jangan juga biarkan anak-anak atau anggota keluarga yang lainnya dapat secara berulang-ulang menyakiti kamu dan pasangan.

Kita tidak bisa mengendalikan orang lain, tapi tentu saja kita bisa menjauhkan diri dan pasangan dari hubungan yang tidak sehat dengan orang-orang tersebut.

“Saya pernah harus menetapkan batasan dengan anggota keluarga yang terus-menerus berbohong tentang istri saya,” ujar Smalley.

2. Prioritaskan Pasangan
Memprioritaskan pasangan berarti memberikan perhatian, waktu, dan komitmen yang konsisten. Ini termasuk mendengarkan dan memperhatikan kebutuhan dan harapan pasangan, untuk membangun ikatan emosional yang kuat, dan saling percaya.

Memprioritaskan pasangan juga berarti mengambil tindakan yang menunjukkan dukungan dan perhatian, sehingga membantu dan membelanya saat dibutuhkan, dapat memperkuat hubungan pernikahanmu.


3. Bela di Depan Umum, Koreksi Secara Pribadi
Saat orang lain menyerang atau mencoba merendahkan pasanganmu, membelanya di depan umum dapat memperlihatkan kepedulian, dukungan, dan keberanian kamu dalam memperjuangkannya.

Namun, saat ia melakukan kesalahan atau perilaku yang tidak diinginkan, mengoreksi dan memberikan nasihat-nasihat akan lebih tepat dilakukan secara pribadi. Hal ini karena menjaga kehormatan dan harga diri pasangan adalah salah satu tugas dan kunci hubungan yang baik dan sehat.

4. Tunjukkan Kekompakkan
Menurut Smalley, orang, terutama anak-anak, cenderung menemukan celah untuk memecah belah kamu dan pasanganmu. Oleh karena itu penting untuk menjaga dan menunjukkan kekompakkan dengan pasangan, anak-anak, anggota keluarga, teman, dan kolega.

Dukung dan saling hargai perbedaan pandangan, dengan melakukan komunikasi yang jujur dan terbuka, namun selalu cari dan tetapkan titik kesepakatan. Berikan dukungan dan hadir dalam momen-momen penting. Jangan biarkan orang lain mencoba memecah belah hubunganmu dengan pasangan, ya!

5. Bicarakan Dukungan yang Diinginkan Pasangan
Dalam hubungan pernikahan, setiap pasangan memiliki preferensi dan kebutuhan yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk berbicara dengan pasangan tentang bagaimana ia ingin didukung dan dibela ketika ada yang menyerang atau mencoba merendahkannya.

Coba tanyakan, “Bagaimana kamu ingin aku ‘membela’ kamu dan ‘berdiri di sampingmu’?”. Dengan ini, pasangan akan terbantu untuk mengekspresikan preferensi mereka dengan jelas dan membuat kamu bisa melakukan dukungan yang tepat dan sesuai dengan yang diharapkan.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *