Simak Disini, Tips Sederhana Untuk Memenuhi Kebutuhan Cairan Dalam Tubuh

Tips memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. (Foto: Pinterest)

Sukoharjonews.com – Kebutuhan air bagi tubuh sangatlah penting, jika pasokan air yang masuk ke dalam tubuh tidak sesuai dengan kebutuhan maka tubuh akan kekurangan air dan mengalami dehidrasi. Selain itu, minum air putih sesuai dengan kebutuhan juga sangat bagus bagi tubuh karena sangat bermanfaat bagi kesehatan dan mampu mencegah berbagai macam penyakit. Meskipun semua orang tahu tentang pentingnya air putih bagi tubuh, masih cukup banyak yang tidak melakukan hal tersebut di kehidupan sehari-hari.


Banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap rajin meminum air putih, dikutip dari Healthline, Senin (25/12/2023), begini cara sederhana untuk minum lebih banyak air:

1. Memahami kebutuhan cairan sendiri
Sebelum memutuskan untuk minum lebih banyak air, harus dipahami bahwa kebutuhan cairan tubuh masing-masing itu berbeda. Umumnya untuk asupan air harian adalah 1.920 ml, atau 8 gelas per-hari. Bagi kebanyakan orang, minum untuk menghilangkan dahaga adalah untuk memastikan kebutuhan cairan terpenuhi. Namun di sisi lain, cairan atau pasokan air dalam tubuh dibutuhkan lebih banyak ketika sedang melakukan aktivitas yang berat seperti berolahraga atau setelah terlalu lama berada di luar ruangan yang memiliki suhu menyengat.

2. Menetapkan target asupan harian air
Dengan menetapkan target asupan harian air yang masuk ke dalam tubuh, jumlah air yang masuk ke dalam tubuh akan lebih terstruktur, tindakan ini juga dapat memotivasi dan membuat perubahan positif yang bertahan lama.


3. Membawa botol minum yang dapat digunakan kembali
Jika menggunakan botol yang dapat digunakan kembali, akan memudahkan untuk meminum air kapan pun dan dimana pun, misalnya saat berada di luar rumah, kantor, sekolah, mau pun saat bepergian jauh. Menyimpan botol air juga dapat berfungsi sebagai pengingat untuk minum lebih banyak air. Melihat botol di meja atau meja, pastinya akan selalu diingatkan untuk minum lebih banyak air. Dengan membawa botol minum ini, juga dapat membantu merawat lingkungan agar meminimalisir sampah plastik dari botol bekas.

4. Mengatur pengingat
Pengingat ini dapat membantu meningkatkan asupan air, terutama jika saat lupa sudah minum air atau belum dan saat terlalu sibuk untuk minum. Misalnya, coba atur pengingat untuk minum beberapa teguk air setiap 30 menit, atau atur pengingat untuk menghabiskan segelas air dan mengisinya kembali setiap jam dengan menggunakan aplikasi bawaan dari ponsel atau aplikasi tambahan.


5. Ganti minuman berperisa dengan air putih
Tubuh akan rawan tertena penyakit jika terlalu sering mengkonsumsi minuman berperisa terutama minuman kemasan, maka dari itu mulai saat ini harus dibiasakan untuk meminum air putih yang cukup untuk tetap menjaga kesehatan tubuh.

6. Minumlah satu gelas air sebelum makan
Cara sederhana lainnya untuk menambah asupan air adalah dengan membiasakan minum satu gelas air sebelum makan.

7. Menggunakan filter air
Agar dapat memastikan minuman yang kita minum tidak tercemar dan tetap terjaga keaslian dan kemurniannya, maka perlu menggunakan filter air. Filter air yang sering digunakan, seperti teko penyaring air atau filter yang dipasang langsung ke keran, dapat mengurangi kadar bakteri dan timbal. Menggunakan filter air juga lebih murah dan ramah lingkungan dibandingkan membeli air kemasan, yang seringkali tidak berbeda dengan air keran.


8. Memberi rasa pada air
Jika kesulitan meminum air putih karena tidak terlalu suka dengan rasanya, ada alternatif lain yaitu dengan cara menggunakan water infuser buah yang murah. Kombinasi buah yang populer untuk digunakan dalam botol infuser adalah mentimun-jeruk nipis, lemon, dan stroberi-kiwi.

9. Meminum satu gelas air per-jam
Isi selalu botol minum agar dapat memudahkan meminum air dengan tepat waktu agar kebutuhan air tetap terpenuhi. Cara ini akan menjaga asupan air tetap konsisten sepanjang hari.

10.Minum air putih setiap hari
Meminum seteguk air secara konsisten sepanjang hari akan menjaga mulut tidak kering dan bahkan dapat membantu menjaga napas menjadi lebih segar dan meminimalisir bau mulut.


11.Makan makanan yang memiliki kadar air yang tinggi
Hal ini dapat dilakukan dengan cara memakan buah-buahan dan sayuran yang tinggi kadar airnya. Contohnya adalah: semangka, melon, selada, kubis, dan lainnya.

12.Meminum satu gelas air putih saat bangun tidur dan sebelum tidur
Minum air putih sebelum tidur dapat mencegah terbangun dengan mulut kering dan bau mulut.
Nah, dapat disimpulkan bahwa rutin meminum air putih sangatlah bermanfaat dan menyehatkan, selain itu prosesnya juga sangat mudah untuk dilakukan sehari-hari. (wisnu-mg3/nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *