Simak Disini, Sikap Seorang Introvert di Lingkungan Pertemanan

Sikap seorang introvert. (Foto: Pinterest)

Sukoharjonews.com – Seorang introvert adalah mereka lebih merasa nyaman berfokus pada pikiran dan gagasan batinnya, daripada hal yang berada di luar. Mereka akan merasa lebih nyaman menghabiskan waktu sendiri atau berdua daripada ramai-ramai.


Dilansir dari WebMD, Sabtu (20/1/2024), menurut Carl Jung menyampaikan istilah introvert dan ekstrovert yaitu jika seorang introvert akan menggunakan pikirannya sendiri untuk mengisi ulang energinya, sedangkan orang yang ekstrovert lebih bergantung pada orang lain untuk mendapatkan atau mengumpulkan energinya kembali.

Tanda Seorang Introvert
Orang yang introvert memiliki pola perilaku yang mayoritas seperti dibawah ini:
• Perlu ketenangan untuk berkonsentrasi
• Apakah reflektif
• Sadar diri
• Luangkan waktu untuk mengambil keputusan
• Merasa nyaman sendirian
• Tidak suka kerja kelompok
• Lebih suka menulis daripada berbicara
• Merasa lelah setelah berada di keramaian
• Memiliki sedikit pertemanan, tetapi sangat dekat dengan teman-teman ini
• Melamun atau menggunakan imajinasinya untuk memecahkan suatu masalah
• Mundur ke dalam pikiran mereka sendiri untuk beristirahat


Penyebab Seorang Introvert
Para peneliti menyimpulkan bahwa orang introvert memiliki aliran darah lebih tinggi ke lobus frontal dibandingkan orang ekstrovert. Orang introvert memiliki otak yang bereaksi berbeda terhadap dopamin, untuk mencari pujian dan kesenangan. Namun orang ekstrovert Ketika mendapatkan sensasi yang menarik dari pusat penghargaan, orang introvert cenderung merasa kecewa karenanya.

Jenis-jenis Seorang Introvert
Para psikolog menganggap seorang introvert ialah dia yang sedang berada ditempat yang tidak nyaman atau menguntungkan. Seorang introvert cendenrung terbagi menjadi lima subtipe, antara lain:

1. Introver Sosial
Tipe orang yang lebih menyukai kelompok kecil dan suasana tenang dibandingkan keramaian.


2. Berpikir Introvert
Tipe ini adalah orang-orang yang lebih suka melamun untuk menghabiskan waktu dalam pikiran yang cenderung suka berimajinasi kreatif.

3. Introvert Cenderung Cemas
Tipe seorang introvert lebih suka mencari waktu menyendiri, karena mereka lebih merasa canggung atau malu di dekat orang lain.

4. Introvert yang Terkendali atau Terhambat
Tipe introvert yang berpikir dulu sebelum bertindak. Mereka ketika mengambil Keputusan lebih tenang dan berhati-hati. Biasanya mereka membutuhkan waktu yang relatif cukup lama untuk memutuskan suatu tindakan.


5. Introvert rasa malu
Seorang introvert akan merasa malu Ketika keduanya tidak ada hubungan. Orang yang mengalami malu akan merasa canggung atau tidak nyaman dengan situasi saat itu. Bahkan ketika bersama orang asing mereka akan gugup dan berkeringat. Detak jantung mereka juga tidak beraturan sehingga bisa menyebabkan sakit perut tiba-tiba. Orang introvert akan menjauhi acara sosial, karena mereka akan berpikir negatif ketika pertemuan besar terjadi.

Mitos Tentang Seorang Introvert
1. Introvert tidak ramah
Kebanyakan orang akan berpikir orang yang introvert cenderung sedikit teman. Selain itu mereka juga lebih suka merenung di situasi tenang dari pada ikut percakapan di pertemuan.


2. Introvert tidak bisa jadi pemimpin
Ternyata orang introvert juga bisa menjadi pemimpin atau bos. Mereka cenderung mendengarkan ide-ide karyawannya, dapat focus pada tujuan jangka panjang, dan mereka tidak sering memberikan suatu ancaman. Sehingga orang lain lebih nyaman menyampaikan keluh kesahnya untuk melakukan kerja sama.

3. Sulit untuk mengenal introvert
Introvert lebih menyukai persahabatan dengan beberapa orang saja. Mereka tidak mudah terbuka dengan orang yang ingin basa-basi, namun orang-orang terdekat mereka sangat mengenal mereka. Sehingga untuk menjalin persahabatan sejati lebih nyaman dengan mereka. (myatun-mg2/nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *