Simak Berikut Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah pepaya. (Foto: pixabay)

Sukoharjonews.com – Pepaya adalah buah tropis yang menarik dengan rasa manis, daging berwarna oranye dan biji hitam yang dapat dimakan serta memiliki rasa pedas yang lezat. Biasa ditanam di Meksiko dan Amerika Tengah, buah ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat yang tinggal di Asia Tenggara dan Amerika Selatan, serta wisatawan yang berlibur di lokasi tropis. Baca terus untuk mengetahui banyak potensi manfaat pepaya bagi kesehatan dan mengapa Anda harus memasukkannya lebih banyak ke dalam makanan Anda.

Dilansir dari Eatingwell, Sabtu (2/12/2023), pepaya kaya akan nutrisi penolong kekebalan tubuh, seperti vitamin A dan C, dengan satu buah pepaya ukuran sedang menyediakan lebih dari jumlah vitamin C harian yang direkomendasikan dan hampir sepertiga dari jumlah vitamin A harian yang direkomendasikan.

Pepaya juga menawarkan banyak nutrisi. antioksidan yang dapat membantu mengelola stres oksidatif dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.” berikut manfaatnya :

Nutrisi Pepaya
Satu porsi 1 cangkir (145 gram) pepaya mentah mengandung, menurut USDA :
Kalori: 43
Protein: 0,5 gram
Lemak: 0,3 gram
Karbohidrat : 11 gram
Serat: 2 gram
Vitamin C: 61 miligram
Kalium: 182 miligram

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh Anda
Seperti yang disebutkan Schlichter di atas, pepaya kaya akan vitamin C , nutrisi yang larut dalam air dengan segudang manfaat kesehatan.

Vitamin C (asam askorbat) adalah antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan Anda, menangkal penyakit dan infeksi, dan mendukung penyembuhan luka, menurut National Institutes of Health . Selain itu, vitamin C mendorong produksi kolagen untuk menjaga kesehatan kuku, kulit, rambut, dan persendian Anda.

Dapat Menurunkan Risiko Kanker
Tinjauan literatur tahun 2021 yang diterbitkan di Antioksidan menyimpulkan bahwa pola makan kaya vitamin C dari buah-buahan dan sayuran dapat memainkan peran penting dalam pencegahan dan terapi kanker.

Karena pepaya kaya akan vitamin C, pepaya memiliki sifat antioksidan yang membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan stres oksidatif pada sel-sel tubuh Anda, yang dapat membentuk senyawa penyebab kanker. Selain itu, daging pepaya mendapatkan warna oranye cerah dari fitonutrien yang disebut likopen, yang memiliki sifat anti kanker, menurut penelitian tahun 2021 yang diterbitkan di Molecules .

Meningkatkan Pencernaan Anda
Tetap terhidrasi dan mendapatkan cukup serat adalah dua kriteria penting untuk pencernaan yang optimal. Mengingat hingga 88% pepaya adalah air, makan pepaya adalah cara yang bagus untuk meningkatkan pencernaan, meringankan sembelit dan mengurangi kembung .

Selain itu, kandungan serat pepaya mendorong pergerakan usus secara teratur, komponen penting untuk kesehatan pencernaan dan menurunkan risiko kanker usus besar.

Dapat Mengurangi Peradangan
Pepaya mengandung enzim yang disebut papain yang menghambat produksi sitokin tubuh Anda—kelompok protein yang dilepaskan selama peradangan.

Peradangan kronis mendatangkan malapetaka pada kesehatan Anda dengan meningkatkan risiko penyakit. Menurut ulasan yang diterbitkan di Biology pada tahun 2021, ekstrak pepaya Carica menawarkan beberapa manfaat kesehatan, termasuk perlindungan terhadap peradangan, penuaan, kanker, dan penyakit kronis.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar