Simak Berikut ini Penyebab Ambeien (Wasir) dan Cara Mencegahnya

Penyebab dan cara mengatasi wasir.(Foto: aladokter)

Sukoharjonews.com – Hemoroid atau ambeien adalah salah satu gangguan pencernaan yang umum terjadi di masyarakat. Meski dapat dialami, baik oleh pria mapun wanita, diketahui risikonya lebih tinggi pada ibu hamil dan individu yang mengalami sembelit atau diare kronis. Lantas, apa yang menjadi penyebab ambeien dan bagaimana cara mencegahnya? Untuk mengetahuinya, mari simak artikel berikut hingga tuntas.


Dilansir dari Siloam Hospital, Jum’at (24/5/2024), penyebab ambeien adalah karena adanya perubahan patologis dari anal cushion termasuk pembesaran vena dan trombosis, serta jaringan penyertanya. Keadaan ini dipicu oleh sejumlah hal antara lain:

-Mengejan terlalu keras dan lama saat buang air besar.
-Duduk terlalu lama terutama saat di kloset.
-Diare atau sembelit kronis.
-Obesitas atau berat badan berlebih.
-Hamil.
-Kekurangan asupan makanan berserat.

Banyak orang terkena ambeien karena faktor-faktor tersebut, maka itu Anda perlu lebih waspada karena ambeien termasuk penyakit serius yang perlu mendapatkan penanganan, salah satunya tindakan bedah.

Tanda-tanda seseorang terkena ambeien biasanya diikuti sejumlah keluhan seperti buang air besar berdarah, gatal dan iritasi pada area rektum, nyeri dan rasa tidak nyaman karena adanya pembengkakan di sekitar anus, dan terasa benjolan yang sensitif atau nyeri di dekat anus.


Cara Mencegah Ambeien

Pola hidup sehat dan bersih menjadi kunci utama mencegah ambeien. Berikut beberapa cara yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar terhindar dari risiko ambeien:

1. Rutin konsumsi makanan tinggi serat, seperti buah dan sayur. Beberapa jenis makanan yang direkomendasikan antara lain apel, anggur, pisang, wortel, brokoli, jagung, gandum, kacang almond, kacang hijau, dan kacang polong.
2. Minum cukup air putih.
3. Perbanyak aktivitas fisik, terutama olahraga.
4. Menjaga kebersihan area anus.
5. Hindari duduk terlalu lama. Jika harus duduk lama, selingi dengan peregangan atau olahraga ringan.
6. Tidak mengejan berlebihan.
7. Jangan menunda buang air besar karena dapat membuat tinja mengering dan sulit dikeluarkan.

Dengan meningkatkan kesadaran akan faktor risiko penyebab ambeien dan melakukan tindakan pencegahan yang tepat, Anda dapat mengurangi terjadinya dampak ambeien. Namun, apabila Anda sudah menderita ambeien, segera konsultasikan dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *