Setelah Tidak Ada Pemilu, Tugas Bawaslu Ngapain Ya, Ini Penjelasan Bawaslu

Bawaslu Sukoharjo saat menggelar konferensi pers terkait keterbukaan informasi publik, Selasa (23/2/2021).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Tugas Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait Pilkada selesai pada 28 Februari nanti. Setelah itu, muncul pertanyaan apa yang akan dikerjakan Bawaslu saat tidak ada pemilu. Terkait hal itu, Bawaslu menuturkan jika ada sejumlah program yang akan diagendakan selama tidak ada pemilu.



“Soal pertanyaan Bawaslu mau ngapain, sebenarnya sudah ada rencana atau program terkait apa yang akan dikerjakan selama tidak ada pemilu, antara lain memaksimalkan pendidikan politik,” ujar Ketua Bawaslu Sukoharjo, Bambang Muryanto saat jumpa pers terkait Keterbukaan Informasi Publik, Selasa (23/2/2021).

Dikatakan Bambang, sasaran dalam program pendidikan politik tersebut antara lain masyarakat umum dan juga pemilih pemula. Untuk masyarakat umum, Bambang mengaku punya program pengembangan desa melek politik. Sedangkan untuk pemilih pemula, Bawaslu merencakana program “Bawaslu Go to School” dan “Bawaslu Go to Campus”.

Semua program itu, lanjut Bambang, muaranya adalah meningkatkan partisipasi pemilih dalam setiap pemilu. Soal teknis pelaksanaanya sendiri, kemungkinan menggunakan sistem “online” karena masih pandemi virus corona.

“Pertengahan tahun 2022 sekitar bulan Juni sudah mempersiapkan untuk pemilu legislatif dan pemilu presiden,” ungkapnya.

Terkait pendidikan politik sendiri dikatakan Bambang tidak hanya dilakukan pas ada pemilu, tapi juga saat tidak ada pemilu sehingga apa yang menjadi “goal” dalam program tersebut bisa tercapai.

Disisi lain, terkait Pilkada 2020 lalu, Bambang mengaku Bawaslu Sukoharjo meraih dua penghargaan. Masing-masing penghargaan terkait Keterbukaan Informasi Publik terbaik se-Jateng serta Tim Gakkumdu terbaik nasional. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed