Sering Alami Sakit Perut dengan Tanda-tanda Ini? Simak Artinya Bagi Kesehatan Anda

Tanda perut sakit. (Foto: cnn)

Sukoharjonews.com – Penyebab sakit perut perlu diketahui dengan pasti agar tidak timbul gangguan kesehatan yang lebih parah. Terdapat beragam penyebab sakit perut yang bisa menimbulkan rasa nyeri, kram, mulas, hingga rasa seperti tertusuk di bagian perut.


Dikutip dari Carolina Digestive Health Associates pada (3/4/2024), terdapat 8 jenis perut dengan penyebab yang berbeda pula, yaitu:

1. Tajam di bagian kanan atas
Sakit perut seperti ini bisa disebabkan oleh adanya batu empedu. Salah satu penyebab utama batu empedu adalah menumpuknya dan mengisinya kolesterol di dalam kantong empedu. Kantong empedu berada di sebelah hati, dan rasa sakit yang tajam di daerah ini bisa terjadi ketika tubuh berusaha mengeluarkan batu empedu.

Ketika Anda mengalami gejala ini, maka segera konsultasikan dengan dokter. Batu kecil bisa diatasi dengan obat minum atau tindakan bedah.

2. Rasa menusuk di bagian kanan bawah
Kemungkinan penyebab sakit perut jenis ini adalah radang usus. Hal ini bisa terjadi akibat infeksi atau penyumbatan, sehingga bakteri dapat tumbuh di dalamnya. Masalah ini bisa menyebabkan meledaknya buntu usus yang berpotensi menimbulkan komplikasi lain pada sistem pencernaan.

Jika Anda mengalami rasa sakit menusuk di bagian perut kanan bawah yang disertai demam dan mual, maka kemungkinan besar Anda mengalami radang usus buntu akut. Segera hubungi dokter jika Anda mengalami keluhan ini.


3. Sakit di seluruh bagian perut disertai diare
Sakit perut jenis ini bisa disebabkan oleh gastroenteritis atau flu perut, yakni adanya peradangan pada dinding saluran pencernaan. Penyebab utamanya adalah virus. Gejala yang sering muncul adalah sakit perut disertai muntah atau diare, sehingga sering disebut sebagai penyakit muntaber. Biasanya kondisi ini bukan masalah serius dan penanganannya fokus pada meringankan gejala.

4. Kram atau sakit disertai mencret darah
Sakit perut ini bisa menandakan kolitis ulseratif atau penyakit Crohns. Penyakit kedua ini adalah contoh penyakit radang usus (IBD) yang disebabkan oleh faktor genetik dan gaya hidup. Belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini, namun cara penanganannya fokus pada penyembuhan berbagai gejala yang muncul.

5. Sensasi panas dibagian atas
Rasa sakit ini bisa disebabkan oleh kerusakan lambung. Tukak lambung sendiri muncul akibat terdapatnya kerusakan pada dinding lambung. Kondisi ini bisa disebabkan oleh infeksi, konsumsi alkohol berlebih, merokok, serta penyakit sistem pencernaan lainnya. Cara penanganannya disesuaikan dengan penyebab tukak lambung, namun yang paling umum adalah menetralkan atau mengontrol asam lambung.


6. Kembung tak nyaman
Biasanya, rasa kembung pada bagian perut disebabkan oleh menumpuknya gas di dalam saluran pencernaan. Beberapa makanan bisa menghasilkan gas tertentu saat dicerna tubuh, dan minuman berkarbonasi juga bisa membuat udara masuk ke dalam tubuh dalam jumlah banyak. Kondisi ini biasanya tidak serius dan bisa dicegah dengan penerapan pola makan sehat dan seimbang.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *