Serai, Tanaman Herbal dengan Rasa Asli

Tanaman herbal serai. (Foto: aladokter)

Sukoharjonews.com – Serai telah digunakan sejak lama di anak benua India dan Sri Lanka. Asal usul pastinya tidak diketahui, namun tanaman ini telah digunakan untuk berbagai tujuan di berbagai negara. Di Hindia Barat, ini adalah obat tradisional yang digunakan untuk menurunkan demam. Di Afrika, peradaban menggunakannya untuk mengobati penyakit. Di negara-negara tropis, tujuannya adalah untuk mengusir serangga dari rumah, orang menanamnya di sekitar rumah mereka untuk menghindari tamu yang tidak diinginkan.


Dilansir dari pages, Sabtu(20/1/2024), Ada beberapa spesies Serai, Cymbopogon schoenanthus digunakan oleh pengembara di Sahara untuk membuat infus fitoterapi. Mereka menyebutnya “Jerami Mekah”. Spesies lain, Cymbopogon giganteus, juga digunakan sebagai infus untuk mengendalikan demam kuning. Ditemukan di sabana Sudan dan masyarakat menyebutnya Tiekela.

Saat ini, serai terutama dibudidayakan di Asia beriklim sedang (Cina, Taiwan), Afrika Utara (Aljazair, Mesir, Maroko), Siprus, Afrika Tengah (Gabon) dan Amerika Selatan: Karibia, Mesoamerika (Meksiko, Belize, Kosta Rika, Guatemala, Panama , dll.), serta Venezuela, Brasil, Bolivia, Kolombia, dll.
-Kalsium


Tanaman herba dengan daun lurus panjang, Serai merupakan tanaman tahunan.

Rimpangnya, batang bawah tanah, berwarna biru kehijauan dan ujungnya lancip. Daunnya memiliki tangkai berbentuk cabang, berukuran antara 90 cm hingga 2 meter. Batang tanaman ini berongga dan sempit. Jika kita mengira bahwa Serai adalah sepupu dari Lemon, kita pasti tahu bahwa ia mempunyai kesamaan dengan buah jeruk ini hanya baunya yang tercium ketika daunnya diremas dan rasanya asam segar. Kami ingin memberi nama lain pada Serai: “Lemongrass Verbena”, “Lemongrass Balm”, atau “Lemongrass Aurone”.

Kegunaan serai
Serai terutama digunakan dalam pengobatan herbal, memasak dan kosmetik. Daun tanaman, setelah dicincang dan disuling, menghasilkan minyak esensial yang berharga. Dikatakan dapat menenangkan kulit (misalnya dalam kasus gigitan serangga) dan memiliki sifat memurnikan (beberapa orang suka menyebarkannya di rumah mereka).

Serai merupakan tanaman yang bisa dibuat infus. Sekitar lima belas daun segar per liter air diperlukan untuk rebusan serai. Daunnya juga bisa dikonsumsi sebagai minuman dingin, untuk minuman yang penuh kesegaran.

Dalam kosmetik, minyak esensial serai digunakan untuk pembuatan losion anti selulit, deodoran, krim dan gel sanitasi, dll.

Manfaat serai
Serai adalah tanaman yang dikenal mampu melawan kondisi mirip flu, memperlancar pencernaan, dan membantu tidur. Ini juga menstimulasi.

Tanaman obat sejati, Serai dikenal dapat meringankan masalah pencernaan. Dikatakan juga untuk mengobati nyeri sendi dan otot. Dapat meredakan keseleo, meredakan tendonitis dan pemanjangan otot.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *