Selain Baik Untuk Kesehatan Mata, Simak Manfaat Lain dari Vitamin A Bagi Tubuh Berikut

Manfaat vitamin A. (Foto: skinkraft)

Sukoharjonews.com – Tubuh Anda tidak secara alami menghasilkan vitamin A, tetapi Anda dapat menemukannya di banyak makanan. Vitamin A adalah vitamin penting yang membantu tubuh Anda berkembang dan berfungsi dengan baik.


Makanan yang kaya vitamin A antara lain buah-buahan dan sayur-sayuran, daging, ikan, dan kacang-kacangan. Dikutip dari Cleveland Clinic, yang dimuat dari beberapa sumber, pada Jum’at (24/3/2023), berikut manfaat dari vitamin A bagi tubuh:

1. Mengurangi risiko kanker mata
Vitamin A memainkan peran kunci dalam pertumbuhan dan perkembangan sel yang sehat. Tapi tidak ada yang tahu pasti apakah itu juga membantu menurunkan risiko terkena kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi beta-karoten atau vitamin A dalam jumlah yang lebih tinggi dari makanan nabati dapat melindungi dari jenis kanker tertentu, seperti limfoma non-Hodgkin. Tetapi penelitian lain menunjukkan bahwa suplemen vitamin A dosis tinggi justru meningkatkan risiko kanker dan kematian pada mereka yang merokok atau terbiasa merokok.



 
2. Membantu fungsi sistem kekebalan tubuh
Vitamin A memperkuat sistem kekebalan Anda dengan mendukung sel darah putih dan selaput lendir di paru-paru, usus, dan saluran kemih Anda. Ini membantu Anda menangkal infeksi dan racun (juga disebut radikal bebas ) yang menyebabkan peradangan dan penyakit. Pemberian suplemen vitamin A pada anak penderita campak terbukti dapat mengurangi keparahan penyakit, menurut Organisasi Kesehatan Dunia. Dengan kata lain, vitamin A terkadang bisa menyelamatkan nyawa.


3. Mendukung kesehatan reproduksi
Jumlah vitamin A yang cukup dalam makanan Anda sangat penting untuk fungsi reproduksi yang sehat. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kemandulan dan menyebabkan terhambatnya pertumbuhan dan perkembangan pada anak. Tapi terlalu banyak vitamin A selama kehamilan dapat membahayakan janin, menyebabkan cacat lahir dan meningkatkan risiko infeksi dan penyakit. Orang yang sedang hamil sebaiknya menghindari makanan yang mengandung vitamin A dalam jumlah besar, seperti pate dan hati, serta suplemen vitamin A.

4. Menjaga kekuatan tulang dan gigi
Vitamin A membantu menjaga pertumbuhan dan perkembangan tulang yang tepat, menurunkan risiko cedera atau kecacatan. Tetapi penting untuk mencapai keseimbangan. Para peneliti telah menemukan bahwa vitamin A juga dapat dikaitkan dengan risiko masalah kesehatan tulang yang lebih tinggi , termasuk patah tulang pinggul dan osteoporosis.


5. Menjaga kulit Anda tetap bersih
Banyak orang mengklaim vitamin A adalah pengobatan yang efektif untuk jerawat dan perubahan kulit yang berkaitan dengan usia, termasuk keriput dan bintik-bintik penuaan. Tetapi penting untuk menggunakan vitamin A untuk kesehatan kulit dengan hati-hati, apakah Anda menambahkan makanan kaya vitamin A ke dalam diet Anda atau menggunakan perawatan kulit berbasis vitamin A seperti pil atau krim.

Makan terlalu sedikit vitamin A dapat menyebabkan kelenjar keringat tersumbat, meningkatkan risiko Anda terkena jerawat. Terlalu banyak vitamin A (hipervitaminosis) dapat menghitamkan kulit Anda dan menyebabkannya menjadi kering. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *