Sedang Mengalami Gejala Seperti Berikut? Waspada, Mungkin Anda Sedang Terkena Lebih Parah dari Pilek

Gejala penyakit lebih parah dari pilek. (Foto: emedicinehealth)

Sukoharjonews.com – Saat Anda pilek, gejala seperti hidung tersumbat atau bersin mulai perlahan dan terus-menerus memburuk. Gejala flu biasanya menyerang tubuh Anda secara tiba-tiba dan mungkin akan terasa jauh lebih kuat.


Namun, jika Anda mengalami gejala lain seperti sesak napas, nyeri di dada, sakit tenggorokan, Anda perlu waspada. Selain itu, adanya bakteri dan virus yang menjadi penyebab infeksi pada manusia dapat menaikkan suhu tubuh. Seseorang dikatakan demam ketika suhu tubuh pada orang dewasa mencapai 38 derajat Celcius. Mengutip dari WebMD, pada Kamis (9/3/2023), berikut tanda-tanda jika Anda akan terkena penyakit pilek:

1. Panas dingin
Ini adalah saat Anda menggigil karena suhu tubuh Anda berubah. Menggigil bukanlah tanda-tanda umum pilek — ini adalah tanda awal infeksi dan demam tinggi. Mereka lebih umum dengan flu atau pneumonia.


2. Pegal-pegal
Anda mungkin mengalami sedikit nyeri tubuh karena pilek, tetapi nyeri yang lebih kuat biasanya merupakan tanda bahwa Anda terkena flu. Ini karena nyeri otot jangka pendek sering terjadi bersamaan dengan demam.

3. Kelelahan
Merasa seperti Anda tidak memiliki energi atau nafsu makan adalah gejala khas flu – lebih jarang disebabkan oleh pilek. Itu juga bisa menjadi tanda pneumonia atau infeksi sinus, yang umum terjadi tetapi lebih serius daripada pilek.


4. Peningkatan suhu
Ini adalah tanda bahwa tubuh Anda sedang berusaha melawan penyakit atau infeksi, tetapi jarang disebabkan oleh flu. Flu, bronkitis, dan pneumonia adalah penyebab demam yang lebih umum. Anda dianggap demam bila suhu tubuh Anda mencapai 100,5 F.

5. Batuk dengan lendir
Anda mungkin menderita batuk ringan yang mengganggu karena pilek, tetapi jika Anda batuk lendir seperti benda berlendir dari dalam dada Anda, itu bisa menjadi tanda bronkitis atau radang paru-paru, terutama jika ada darah di dalamnya.


6. Sakit kepala
Banyak hal yang dapat menyebabkan ini, tetapi flu biasanya bukan salah satunya. Ini adalah gejala flu biasa dan bisa menjadi tanda infeksi sinus. Tapi sakit sinus, ruang di atas dan di sekitar hidung Anda, juga bisa disebabkan oleh demam, atau rinitis.

7. Sakit tenggorokan
Yang ringan adalah gejala khas pilek dan terkadang flu. Ini akan hilang begitu pilek atau flu Anda hilang. Tapi sakit tenggorokan yang sangat menyakitkan yang datang dengan cepat bisa menjadi tanda radang tenggorokan. Itu adalah infeksi bakteri yang harus diobati dengan antibiotik.


8. Sesak atau nyeri dada
Ini adalah gejala infeksi pernapasan yang lebih serius, seperti bronkitis. Itu juga bisa membuat dada Anda terasa sesak, dan Anda mungkin kesulitan menarik napas dalam-dalam. Nyeri dada tajam yang terasa lebih buruk saat batuk bisa menjadi tanda pneumonia, dan sesak dada juga merupakan gejala umum asma. Dapatkan bantuan medis segera untuk nyeri atau tekanan dada. Itu juga bisa menjadi tanda kondisi yang mengancam jiwa seperti serangan jantung atau gumpalan darah di paru-paru.

Gejala flu mungkin buruk, tetapi biasanya membaik dalam beberapa hari. Pilek bisa bertahan hingga 10 hari. Tetapi gejala pneumonia dapat bertahan hingga satu bulan atau lebih. Dan bronkitis bisa bertahan beberapa bulan dalam beberapa kasus. Hubungi dokter Anda segera untuk gejala baru atau yang memburuk sehingga diagnosis yang tepat dapat dibuat dan Anda bisa mendapatkan perawatan yang tepat. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *