Sebanyak 240 Orang CPNS Golongan II dan III Ikuti Pelatihan Dasar

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani membuka Pelatihan Dasar CPNS dengan ditandai pengalungan tanda peserta, Kamis (1/4/2021).

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Sebanyak 240 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan II dan III Sukoharjo mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar). Pembukaan Latsar tersebut dilakukan di Lantai 10 Gedung Menara Wijaya dan dibuka oleh Bupati Etik Suryani, Kamis (1/4/2021).



“Pelatihan dasar ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS,” jelas Bupati.

Selain itu, lanjutnya, juga sebagai pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas dan budaya organisasi, agar mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat dengan sebaik-baiknya. Terlebih lagi, tantangan perkembangan birokrasi pemerintahan ke depan semakin kompleks, sehingga dibutuhkan suatu strategi pengembangan aparatur birokrasi yang profesional dan memiliki sumber daya manusia yang memiliki integritas dan kompetensi di bidangnya.

“Keberhasilan organisasi ditentukan oleh kemampuan sumber daya manusia yang handal dan profesional, sehingga mampu menciptakan iklim birokrasi yang bermutu dan mengedepankan kepentingan publik. Dibutuhkan terbentuknya karakter dan mindset yang dapat mengambil peran dalam tata kelola pemerintahan yang lebih baik,” tambah Bupati.

Sedangkan Plt Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Sukoharjo, Sumini menyampaikan, tujuan Pelatihan dasar adalah untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi yaitu memadukan antara pelatihan klasikal dengan nonklasikal dan Kompetensi Sosial Kultural dengan Kompetensi Bidang.

Latsar CPNS golongan II dan III tersebu merupakan pola kerjasama antara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Jawa Tengah dan diikuti 240 orang. Pelaksanaan Latsar sendiri untuk golongan II terdiri dari tiga angkatan mulai tanggal 5 april hingga 22 November 2021 bertempat di Istana Hapsari. Sedangkan untuk golongan III terdiri dari tiga angkatan mulai tanggal 18 Mei hingga 13 Desember 2021 bertempat di D’Madinah Residence Gentan, Baki.

“Pembukaan latsar ini hanya diikuti puluhan CPNS saja karena masih pandemi, yang lain mengikuti acara pembukaan secara online,” ujar Sumini. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.