Review ‘Kingdom of the Planet of the Apes’: Waralaba Pada dasarnya Di-boot Ulang dengan Kisah Bertahan Hidup — Akhirnya — Masa Depan Diperintah oleh Kera

Review ‘Kingdom of the Panet of the Apes’. (Foto: Variety).

Sukoharjonews.com – Dengan Owen Teague sebagai kera muda yang terperangkap dalam kerajaan pemujaan, ini mungkin film pertama dalam serial ini yang terhubung dengan semangat ‘Planet of the Apes.’


Dikutip dari Variety, Jumat (10/5/2024), “Kingdom of the Panet of the Apes” dibuka dengan Caesar terbaring di negara bagian, dikelilingi oleh gerombolan simpanse yang berduka, saat mayatnya ditutupi dengan bunga dan dibakar secara ritual. Film kemudian beralih ke hutan, di mana sebuah judul memberi tahu kita bahwa itu terjadi “beberapa generasi kemudian”.

Dengan kata lain, kisah yang telah kita saksikan dalam tiga film “Apes” terakhir – “Rise of the Planet of the Apes” (2011), “Dawn of the Planet of the Apes” (2014), dan “War for the Planet of the Apes” (2017) — kini menjadi sejarah waralaba kuno. Saya termasuk minoritas pemirsa yang menyambut berita itu dengan mengatakan, “Terima kasih Tuhan.”

Saat IP klasik dibuat ulang, selalu ada agenda ganda: menjangkau penonton baru, namun juga melayani penonton yang memiliki kenangan indah dengan aslinya. Dalam “Kingdom of the Planet of the Apes,” pusat aksi dramatis berpindah dari Caesar ke Noa (Owen Teague), seekor simpanse muda serius yang memiliki banyak kualitas mirip Caesar. Noa dibesarkan di Klan Elang, desa kera yang berkembang pesat dan para tetua sukunya berkomunikasi, dengan cara yang saling menguntungkan dan holistik, dengan burung pemangsa.


Adegan pembukaan menampilkan Noa dan kedua temannya berayun di ketinggian yang memicu vertigo untuk memetik telur dari sarang elang yang terletak di puncak tebing. Noa membuktikan dirinya sebagai seniman trapeze pemberani, namun tidak lama kemudian ia bertemu dengan sekelompok kera mematikan yang dipimpin oleh gorila lapis baja menunggang kuda yang menyerupai King Kong yang sedang mengertakkan gigi pada tahun 1933.

Kera-kera ini menghancurkan desa, meninggalkan Noa sendirian. Setelah banyak adegan mengembara dan menguji kemampuan bertahan hidupnya, ia berakhir di kerajaan kera tepi laut yang menguasai wilayah tersebut (dan manusia mana pun yang tersesat) sama seperti kera otokratis yang merupakan antagonis dari “Planet of the Apes” yang asli. ” pada tahun 1968.

Cara lain untuk menjelaskannya adalah bahwa franchise ini membutuhkan waktu selama ini — tiga film, atau enam jam waktu tayang — untuk sampai pada tempat di mana seharusnya film tersebut dimulai. Lagi pula, saya katakan demikian karena saya banyak menemukan kisah asal-usul Caesar, dan tentang bagaimana kera menjadi cerdas, dan semua pemamah biak yang “etis” di sepanjang jalan hingga menambah kebosanan blockbuster.


Andy Serkis tentu saja memberikan penampilan gerak yang bagus sebagai Caesar (tampan dan melotot, Caesar-nya seperti Daniel Craig dari primata berbulu), tetapi filmnya sendiri membengkak, penuh dengan alegori didaktik namun dibangun dengan sangat jelas di sekitar adegan aksi mereka. . Beberapa dari aksi tersebut menarik, namun film-film tersebut tidak memiliki percikan distopia yang lucu, kesenangan khayalan dari “Planet of the Apes”.

“Kingdom of the Planet of the Apes” sebenarnya merupakan reboot dari franchise-nya sendiri. Saya tidak yakin film ini akan lebih sukses dari tiga film sebelumnya (atau bahkan sama suksesnya). Ini pada dasarnya adalah film petualangan simpanse di alam liar berdurasi dua setengah jam, disutradarai oleh Wes Ball (film “Maze Runner”) dengan gaya “klasik” yang sengaja dibuat dari kisah episodik Hollywood dari tahun 50-an. yang lalu. Itu tidak memiliki pemeran bintang terkenal.

Namun para aktornya terpikat oleh ekspresi wajah organik menakjubkan yang dimungkinkan oleh penangkapan gerak mutakhir, dan meskipun film ini terlalu panjang, saya sangat puas karena tenggelam dalam pengekangan dramatis yang relatif kuno.


Terpisah dari desanya, Noa bertemu dengan orangutan tua bijaksana bernama Raka (Peter Macon), dengan mata kecil yang nakal dan cara mengerucutkan bibir yang lucu; dia adalah peninggalan yang masih percaya pada ajaran Kaisar. Noa juga bertemu dengan seorang anak manusia liar (Freya Allan) yang tidak sepolos penampilannya. Sebagai Noa, aktor berbakat Owen Teague membuat kehadirannya terasa. Dia tidak hanya menunjukkan kepintaran dan kemuliaan tetapi juga ketakutan yang nyata, kualitas yang menarik untuk dilihat dalam diri seorang pahlawan.

Ketiga karakter tersebut bekerja sama, namun Noa akhirnya diseret ke kerajaan kera, dipimpin oleh pemimpin sekte menakutkan bernama Proximus Caesar (Kevin Durand), yang telah mencuri otoritas — namun bukan moralitas — dari namanya. Proximus menaruh perhatian khusus pada Noa, yang pada dasarnya adalah seorang narapidana kamp penjara, yang bersatu kembali dengan ibu dan teman-temannya, yang harus mengalahkan kekaisaran dari dalam.

Di sana-sini, kita diperlihatkan tanda-tanda peradaban manusia yang telah hancur: bangkai bangunan, eskalator, dan rel kereta api yang ditinggikan, ditumbuhi semak belukar. Namun teknologi manusia masih menjadi cawan suci. Kerajaan kera dibangun di sekitar silo, dengan pintu berkubah tertutup, yang berisi banyak keajaiban di dalamnya (seperti senjata). Lemari besi itu adalah Kotak Pandora, dan Proximus sangat ingin membukanya sehingga dia mengorbankan segelintir kera setiap hari untuk menyetrum pintu hingga terbuka.


Penampilan Kevin Durand sebagai Proximus, raja bonobo yang melirik, adalah sebuah teater yang menyindir – dia adalah seorang pemimpin yang membuat kesalahan dengan menganggap segalanya tentang dirinya. Dan pemeran lainnya juga berhasil, mulai dari Sarah Wiseman sebagai ibu Noa yang kuat hati hingga Peter Macon sebagai Raka yang aneh dan serba bisa hingga William H. Macy sebagai pemulung yang telah mengukir tempat untuk dirinya sendiri di kerajaan kera seperti Fotografer Dennis Hopper dalam “Apocalypse Now.”

“Kingdom of the Planet of the Apes” mengajak kita untuk merangkul drama kera yang melawan kera. Namun, pada akhirnya, dalam teaser untuk sekuel berikutnya, sepertinya versi ras manusia yang sangat keras dari franchise tersebut akan kembali. Itu mungkin cukup membuat Anda ingin melarikan diri dari planet kera. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *