Polres Gelar Pasukan Ops Ketupat Candi Dilanjut Pemusnahan Miras

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi bersama pejabat Forkopimda secara simbolis memusnahkan barang bukti minuman keras (Miras), Rabu (6/6)

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Polres Sukoharjo melakukan gelar pasukan Operasi Ketupat Candi Tahun 2018. Gelar pasukan dilakukan di halaman Setda Pemkab Sukoharjo, Rabu (6/6). Usai gelar pasukan, dilanjutkan dengan acara pemusnahan barang bukti minuman keras (miras) dan juga barang bukti narkoba. Gelar pasukan sendiri dipimpin langsung Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi.



Dikatakan Kapolres, Operasi Ketupat Candi akan digelar 7-24 juni 2018 untuk mengantisipasi segala macam bentuk gangguan keamanan selama Lebaran. “Gelar pasukan ini untuk mengecek kesiapan seluruh komponen, stage holder dan seluruh pihak terkait dalam rangka pengamanan kegiatan arus mudik dan arus balik Lebaran,” jelas Kapolres.

Dia melanjutkan, sesuai instruksi Kapolri, ada empat hal yang jadi fokus petugas selama Operasi Ketupat Candi 2018. Masing-masing menjamin ketersediaan dan keterjangkauan harga bahan pokok makanan, mengantisipasi kemacetan, mewaspadai bencana alam, serta yang tidak kalah penting adalah masalah terorisme.

Dikatakan Kapolres, saat ini masalah terorisme masih menjadi fokus Kapolri agar pelaksanaan Lebaran tidak dibayang-bayangi aksi teror yang memgancam di seluruh Indonesia. Artinya, pimpinan wilayah baik Kapolda maupun Kapolres untuk bekerjasama dengan aparat lainnya dalam hal ini TNI untuk mengamankan kegiatan masyarakat. “Juga mengamankan kegiatan masyarakat dan aktivitas peribadatan oleh masyarakat,” ujarnya.

Dalam antisipasi ini, ujar Kapolres, perlu adanya sinergitas dan kerjasama yang tinggi dari seluruh pihak terkait. Baik itu TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan peran serta masyarakat.

Disisi lain, usai gelar pasukan, Polres juga melakukan pemusnahan barang bukti hasil Operasi Cipta Kondisi sebulan lalu. Barang bukti yang dimusnahkan berupa minuman keras (miras) dengan jumlah total 3.000 liter berbagai jenis dan merek. Miras ilegal tersebut disita oleh petugas dari berbagai tempat di Sukoharjo.

“Selain itu, juga dimusnahkan barang bukti 1 ons narkoba jenis sabu. Jumlah tersebut total dari kasus lima bulan terakhir yang berhasil diungkap petugas,” ujar Kapolres. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *