Peringati World Pharmacist Day 2023, Apoteker Sukoharjo Gelar Pengabdian Masyarakat

Dalam rangka memperngati “World Pharmacist Day” 2023 Ikatan Apoteker Indonesia Kabupaten Sukoharjo menggelar pengabdian masyarakat di Panti Asuhan Anak Yatim Muhammadiyah Sukoharjo, Sabtu (23/9/2023).

Sukoharjonews.com – Dalam rangka memperingari “World Pharmacist Day” 2023, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kabupaten Sukoharjo menggelar pengabdian masyarakat. Aksi tersebut diwujudkan dengan bakti sosial di Panti Asuhan Anak Yatim Muhammadiyah Sukoharjo, Sabtu (23/9/2023).


Dalam keterangan tertulis yang diterima Sukoharjonews.com, Minggu (24/9/2023), salah satu panitia, Novia Prihatiningsih, menyampaikan, bakti sosial tersebut dilakukan dengan penyuluhan kesehatan, pengenalan profesi Apoteker dan juga sosialisasi Dagusibu (Dapatkan, Gunakan, Simpan dan Buang).

“Kegiatan ini diikuti oleh 37 orang anggota Ikatan Apoteker Indonesia Kabupaten Sukoharjo,” jelas Novia.

Ketua IAI Kabupaten Sukoharjo, Iwan Setiawan, dalam sambutannya mengatakan, selama ini kontribusi apoteker dalam sistem kesehatan dicapai melalui berbagai kemajuan di bidang praktik kefarmasian, ilmu pengetahuan dan pendidikan. Apoteker yang praktik di bidang pelayanan telah memberikan layanan kefarmasian yang aman, efektif dan berkualitas kepada pasien kapanpun dan dimanapun mereka membutuhkan.
“Untuk apoteker akademisi telah mendidik dan meluluskan apoteker kompeten dan bertanggung jawab yang menyebar ke seluruh nusantara. Apoteker di industri farmasi telah memproduksi dan menyediakan berbagai sediaan farmasi yang aman, berkualitas dengan efikasi dan biaya yang efektif,” ujarnya.


Menurutnya, sejalan dengan International Pharmaceutical Federation (FIP), pada peringatan World Pharmacist Day tahun 2023 ini, Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI) mengangkat tema “Apoteker Memperkuat Sistem Kesehatan Nasional” dan mengajak kepada seluruh pengurus dan anggota untuk menunjukkan kontribusi dalam memperkuat Sistem Kesehatan Nasional.

Disisi lain, salah satu nara sumber sosialisasi, Rizqi Nurul Khasanah, dalam pengenalan profesi apoteker menegaskan bahwa sektor pekerjaan apoteker sangat luas antara lain di Bidang Industri, Distribusi, Pelayanan, Sektor Pemerintahan, dan Sektor Akademisi.

“Selain itu, sangat penting memperlakukan obat-obatan yang kita punya dirumah dengan konsep dagasibu,” ujarnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *