Perilaku Amanah dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh perilaku amanah.(Foto: sonora)

Sukoharjonews.com – Amanah merupakan salah satu akhlak yang harus ada dan dimiliki oleh seorang muslim. Sifat amanah bahkan disebutkan dalam dalil-dalil tertentu.


Jika ingin melihat sebarapa baik seorang pemimpin, maka Anda bisa melihatnya bagaimana dia memperlakukan kepercayaan yang telah diberikan kepadanya. Sebab, sosok pemimpin yang berkualitas, tidak akan khianat.

Sifat amanah termasuk salah satu ciri yang menandakan seseorang adalah pemimpin yang berkualitas. Dikutip dari Cahaya Islami, pada Sabtu (11/5/2024), berikut ini adalah beberapa contoh perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari yang sebaiknya selalu kita lakukan:

1. Menjalankan Tugas dengan Baik
Setiap orang memiliki tugas masing-masing. Anak-anak memiliki tugas untuk berbakti kepada orang tua, siswa memiliki tugas untuk belajar, karyawan memiliki tugas untuk bekerja dengan baik, seorang pemimpin memiliki tugas untuk bisa memimpin dengan baik dan lain sebagainya. Tentu saja orang yang amanah juga akan selalu menunjukkan perilaku yang positif ketika menjalankan tugas yang dimiliki.

Mereka akan berusaha untuk menjalankan tugas sebaik mungkin bukan hanya demi mendapatkan hak mereka akan tetapi juga sebagai cermin bahwa mereka menjunjung tinggi sifat-sifat amanah dan tanggung jawab.

Allah berfirman dalam Surat Al-Ahzab ayat 72

اِنَّا عَرَضْنَا الْاَمَانَةَ عَلَى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَالْجِبَالِ فَاَبَيْنَ اَنْ يَّحْمِلْنَهَا وَاَشْفَقْنَ مِنْهَا وَحَمَلَهَا الْاِنْسَانُۗ اِنَّهٗ كَانَ ظَلُوْمًا جَهُوْلًاۙ

Artinya: Sungguhnya Kami telah menawarkan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, tetapi semuanya enggan untuk memikul amanah itu dan mereka khawatir tidak akan melaksanakannya (berat), lalu dipikullah amanat itu oleh manusia. Sungguh, manusia itu sangat zalim dan sangat bodoh [ QS Al-Ahzab ayat 72].


2. Tidak Berbohong
Contoh perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari yang lainnya adalah selalu berbicara jujur dan tidak suka berbohong. Apa yang keluar dari mulut seseorang, biasanya menjadi cermin dari isi hatinya. Sebagai contoh, orang yang terbiasa berkata baik menunjukkan bahwa orang tersebut juga memiliki hati yang baik begitu juga sebaliknya.

Surat Al-Anfal ayat 27:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَخُوْنُوا اللّٰهَ وَالرَّسُوْلَ وَتَخُوْنُوْٓا اَمٰنٰتِكُمْ وَاَنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.

3. Menepati Janji
Orang yang amanah adalah orang yang selalu berusaha untuk menepati apa yang sudah dijanjikan kepada orang lain. Jika merasa tidak bisa menepati janji, orang yang amanah akan memilih untuk tidak membuat janji dibandingkan harus melanggar janji yang dibuat sendiri. Orang yang amanah juga akan terhindar dari sifat-sifat munafik yang salah satu cirinya adalah ingkar janji.


4. Mengembalikan barang yang dipinjam
Seringkali banyak kasus orang yang tidak mengembalikan barang milik orang lain setelah meminjamnya. Bukan hanya perkara soal uang saja, akan tetapi barang apapun itu jika hanya meminjam maka sudah seharusnya untuk dikembalikan ke pemiliknya. Jadim mengembalikan barang yang bukan milik sendiri juga menjadi salah satu contoh perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari.

Allah Subhanallah wa ta’ala berfirman dalam Surat An-Nisa ayat 58:

اِنَّ اللّٰهَ يَأْمُرُكُمْ اَنْ تُؤَدُّوا الْاَمٰنٰتِ اِلٰٓى اَهْلِهَاۙ وَاِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ اَنْ تَحْكُمُوْا بِالْعَدْلِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ نِعِمَّا يَعِظُكُمْ بِهٖ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ سَمِيْعًاۢ بَصِيْرًا

Artinya: Sungguh, Allah menyuruhmu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan apabila kamu menetapkan hukum di antara manusia hendaknya kamu menetapkannya dengan adil. Sungguh, Allah sebaik-baik yang memberi pengajaran kepadamu. Sungguh, Allah Maha Mendengar, Maha Melihat.

Kita tentu ingin selalu mendapatkan ridho Allah subhanahu wa ta’ala. Salah satu sifat yang harus kita tanamkan pada diri adalah sifat amanah. Allah menyukai hamba-hamba yang berbuat baik sehingga dengan selalu menjalankan perintahnya kita akan mendapatkan ridhonya di dunia dan di akhirat. Insyaallah.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *