Penelitian Buktikan Berwisata Ke Alam Dapat Meredakan Stres

Berwisata ke alam meredakan stres. (Foto : Pixabay)

Sukoharjonews.com – Orang yang sering melakukan traveling ke alam, bisa memiliki rasa syukur yang besar, dibanding dengan orang yang sibuk. Sebab, terkoneksi dengan alam bisa meningkatkan suasana hati.


Dilansir dari Silvotherapy, Jum’at (24/11/2023), penelitian menjelaskan orang yang koneksi alam, berpotensi mampu memerangi kesepian dan isolasi sosial. Saat Anda berasa di alam, maka bisa menikmati kesendirian, merefleksi diri, dan memiliki rasa keterhubungan Sang Pencipta.

Studi menunjukkan bahwa orang yang memiliki koneksi dengan alam bisa memiliki buffer effect dari kurangnya keterhubungan sosial. Hal ini bukan berarti bahwa alam menggantikan hubungan sosial.
Bila Anda memelihara hubungan personal dengan dunia, maka dapat membantu mengatasi permasalahan, sebab Anda akan belajar bersabar dan mengatasi gejolak batin.


Dengan mencoba beberapa aktivitas saat berada di alam merupakan hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Berikut ini aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berada di alam.

1. Berkemah
Aktivitas ini membutuhkan lebih sedikit tenaga fisik, selain berkemah dengan mendirikan tenda, Anda juga dapat mencoba berkemah dengan mobil. Namun, jika Anda ingin berkemah menggunakan tenda disarankan untuk membawa kasur berkemah agar anda tidak tidur tanpa alas yang bisa membuat tidur tidak nyenyak.

2. Memancing
Aktivitas ini membutuhkan lebih banyak kesabaran karena memakan waktu cukup lama untuk menangkap ikan akan tetapi jika Anda memancing di tepi danau atau naik perahu ke tengah danau Anda dapat merasakan ketenangan.


3. Berenang
Berenang merupakan cara yang bagus untuk menikmati alam bebas, dan sangat menyegarkan. Anda bisa berenang di kolam renang, laut, sungai, dan air terjun.

4. Mendaki
Aktivitas ini bisa dikatakan berbahaya dan lebih sulit dilakukan. Anda harus memiliki peralatan untuk mencobanya. Namun, Jika Anda seorang pemberani Anda bisa melakukannya dengan teman yang lebih tahu.

5. Berkebun
Aktivitas ini tidak harus dilakukan tukang kebun yang terampil dalam menanam tanaman. Anda bisa membeli benih dan pot. Anda bisa menanam tanaman yang Anda inginkan. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *