Ragam  

Pasukan Oranye DLH Sukoharjo Terima Sembako, Apresiasi Garda Terdepan Kebersihan

Pasukan oranye atau tenaga kebersihan DLH Sukoharjo menerima bantuan sembako dari Baznas dalam momen “World Clean up Day” 2023 di Pendopo GSP, Rabu (11/10/2023).

Sukoharjonews.com – Dalam Rangka memperingati “World Cleanup Day” atau Hari Pungut Sampah Sedunia Tahun 2023, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sukoharjo memberikan bantuan sembako kepada “pasukan oranye” atau tenaga kebersihan. Bantuan diberikan secara simbolis oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, di Pendopo Graha Satya Praja (GSP), Rabu (11/12/2023).


Kepala DLH Sukoharjo, Agus Suprapto, mengatakan, Tenaga Harian Lepas (THL) kebersihan tersebut terdiri dari penyapu jalan, petugas pengangkut sampah, petugas Tempat Pembuangan Akhir (TPA), dan petugas taman. “Jumlah penerima bantuan sembako dan uang saku Rp100 ribu sebanyak 300 orang,” ujarnya.

Menurutnya, paket sembako yang diberikan terdiri dari beras 5 kg, gula pasir 2 kg, minyak goreng, 2 liter, teh 2 bungkus, dan mi instan 10 bungku.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, “World Clean up Day” merupakan aksi bersih-bersih yang dilaksanakan serentak di 193 negara di dunia, dengan tujuan menyatukan umat manusia dari berbagai budaya, agama, suku dan ras untuk membersihkan dunia dari permasalahan sampah. Aksi ini merupakan perwujudan peningkatan kepedulian terhadap permasalahan sampah serta menjadi sarana memupuk nilai cinta kasih terhadap masa depan Bumi.


“Panjengan semua itu adalah pahlawan kebersihan Kabupaten Sukoharjo. Garda terdepan dalam urusan kebersihan,” ujar Etik.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengajak kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Sukoharjo agar terus menggalakkan berbagai langkah dan upaya untuk mendorong kehidupan yang berkelanjutan secara kondusif agar lingkungan sehat.

“Mari kita jaga dan tingkatkan lagi pengelolaan sampah sehingga dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat dan lingkungan kita dalam rangka menjaga dan mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat, nyaman, dan asri, demi keberlangsungan hidup anak cucu kita kelak,” kata Bupati.

“Masalah sampah adalah masalah bersama, tidak hanya urusan pemerintah. Untuk itu, saya mengajak pada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan,” sambungnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *