Ragam  

Pasar Ir Soekarno Sediakan Mobil Tangki, Dalam Pasar Ada 14 Titik Tempat Cuci Tangan

Mobil tangki ditempatkan di depan Pasar Ir Soekarno untuk pedagang dan pengunjung pasar. Pasar tradisional lain juga dilengkapi dengan tempat cuci tangan oleh pengelola.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pasar tradisional tidak masuk dalam kebijakan penghentian operasi oleh Pemkab Sukoharjo selama masa KLB Corona. Meski begitu, pasar tradisional diminta menyediakan tempat cuci tangan bagi pedagang maupun pengunjung pasar sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus Corona. Seperti Pasar Ir Soekarno Sukoharjo yang setiap hari menyediakan mobil tangki dilengkapi dengan sabun di depan pasar untuk tempat cuci tangan pedagang dan pengunjung.



“Mobil tangki ini dari pemadam kebakaran yang standby setiap hari. Mobil tangki ini ditempatkan di depan pasar, tepatnya disisi tenggara,” ujar Plt Lurah Pasar Ir Soekarno, Widadi Nugroho, Rabu (25/3/2020).

Menurutnya, penyediaan mobil tangki tersebut untuk cuci tangan pedagang dan pengunjung pasar. Tidak hanya itu, pengelola pasar juga menyediakan 14 titik cuci tangan didalam pasar yang tersebar di lantai satu dan dua. Widadi mengaku, senantiasa memberikan sosialisasi pada pedagang dan pengunjung untuk rajin cuci tangan menggunakan sabun di tempat yang telah disediakan.

Widadi yang juga Plt Lurah Pasar Rakyat Carikan melanjutkan, untuk Pasar Carikan menyediakan delapan titik tempat cuci tangan untuk pedagang dan pengunjung. Selama KLB Corona, ujar Widadi, pengelola pasar sedapat mungkin melakukan pencegahan penyebaran virus di lingkungan pasar. “Bagi pedagang yang tidak bisa meninggalkan kios maupun losnya untuk cuci tangan, kami imbau untuk menyediakan hand sanitizer sendiri,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disdagkop dan UKM) Sukoharjo, Sutarmo membenarkan setiap pasar tradisional diminta untuk menyediakan tempat-tempat cuci tangan. Fasilitas cuci tangan tersebut tidak hanya untuk pedagang, tapi juga untuk pengunjung pasar. Jadi, masyarakat ketika berbelanja di pasar tradisional tidak takut virus karena telah disediakan tempat cuci maupun hand sanitizer.

“Meski masyarakat diimbau tinggal di rumah, tetap saja juga butuh berbelanja kebutuhan. Ada yang di pasar ada yang di toko modern. Untuk pasar sudah dikondisikan tempat cuci tangan tersebut,” ujarnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *