Operasi Yustisi Prokes, Ada Rumah Makan dan Tempat Karaoke Yang Terkena Denda

Waspada virus corona.

Sukoharjonews.com (Grogol) – Operasi yustisi penegakan protokol kesehatan (prokes) menyasar rumah makan. Bahkan, ada satu rumah makan dan satu tempat karaoke di Solo Baru (Soba) yang terkena denda Rp250 ribu karena melanggar prokes. Keduanya diberi denda karena tidak mengindahkan surat peringatan yang sudah dilayangkan tiga kali oleh Satpol PP.



“Jadi, sebelum sanksi denda kami berikan, terlebih dahulu kami layangkan surat peringatan hingga tiga kali,” ujar Kepala Satpol PP Sukoharjo, Heru Indarjo, Kamis (6/5/2021).

Rumah makan di kawasan Soba tersebut melanggar protokol karena tidak menetapkan jaga jarak antar pengunjung. Selain itu, kapasitas rumah makan juga digunakan seluruhnya, padahal sesuai aturan hanya boleh digunakan 50% saja dari kapasitas yang ada.

Untuk tempat karaoke, ujar Heru, petugas mendapati beroperasi melebihi jam ketentuan saat bulan Ramadan. Tempat karaoke tersebut beroperasi hingga pukul 23.00 WIB. Karena terbukti melanggar prokes, Satpol PP kemudian memberikan sanksi tegas dengan memberlakukan denda.

“Kami bukannya mau menghambat usaha, tapi prokes tetap harus dilaksanakan sesuai aturan yang ada,” tandasnya

Hal senada diungkapkan Ketua Satgas Corona Kecamatan Grogol, Bagas Windaryatno. Menurutnya, selama ini selalu koordinasi dengan Satpol PP dalam memantau pelaksanaan prokes diwilayahnya. Selama bulan puasa ini, banyak rumah makan yang penuh dengan pembeli saat waktunya buka puasa dan tidak menerapkan prokes.

Dikatakan Bagas, apa yang dilakukan petugas semata-mata dalam upaya mencegah penyebaran virus corona di Sukoharjo. “Pengawasan prokes di rumah makan cukup sulit karena alasannya sedang makan sehingga tidak pakai masker. Sayangnya, setelah selesai makan dan saat ngobrol masker tidak dipakai lagi,” ujarnya. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed