Operasi Masker Sasar Swalayan dan Mal, Puluhan Pengunjung Terjaring

Pengunjung maupun karyawan swalan dan mal yang terjaring razia masker diminta melafalkan Pancasila hingga menyanyi lagu Kebangsaan, Senin (19/10/2020).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Operasi masker kembali digelar oleh Tim Gabungan Pemkab Sukoharjo bersama TNI dan Polri, Senin (19/10/2020). Kali ini, operasi tidak digelar di jalan raya, melainkan di sejumlah pasar modern atau swalayan. Ada empat lokasi operasi, yakni tiga swalayan dan satu mal. Dalam operasi ini, puluhan pengunjung terjaring operasi karena kedapatan tidak pakai masker atau memakai masker tidak sempurna.



“Ada tiga swalayan dan satu mal yang jadi sasaran operasi masker kali ini. Petugas memeriksa satu persatu pengunjung,” jelas Kabid Ketertiban Umum Satpol PP Sukoharjo, Wardino.

Dikatakan Wardino, sasaran operasi masing-masing di swalayan Laris, Mitra, Jumbo dan juga Hartona Mal. Dalam operasi, selain memeriksa pengunjung swalayan, petugas juga memeriksa perlengkapan pencegahan penyebaran vius corona di swalayan tersebut.

Pengunjung yang terjaring operasi, ujar Wardino, oleh petugas kemudian didata dan diberi sanksi melafalkan Pancasila. Ada juga yang diminta untuk menyanyikan Lagu Kebangsaaan Indonesia Raya. Secara umum, Wardino mengaku masyarakat pengunjung sudah memakai masker. Puluhan pengunjung yang terjaring rata-rata karena memakai masker tidak sempurna.

“Jadi, yang terjaring rata-rata memakai masker didagu, tidak menutup hidung dan alasannya karena “ampeg”,” ujarnya.

Kalau di swalayan maupun mal, Wardino mengaku tingkat kesadaran masyarakat cukup tinggi. Selain itu, pengelola swalayan maupun mal juga ada disiplin dalam mengingatkan pengunjung. “Kalau terkait protokol kesehatan di swalan dan mal sudah bagus. Ada pemeriksaan suhu tubuh, cuci tangan dan juga masker,” ujarnya. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *