Musrenbang RKPD Sebagai Acuan Pembangunan Tahun 2020

Pemkab Sukoharjo menggelar Musrenbang RKPD di Pendopo Graha Satya Praja, Kamis (21/3). Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya.

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Pemkab Sukoharjo menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) 2019. Acara digelar di Pendopo Graha Satya Praja dan dibuka oleh Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Kamis (21/3). Dalam kesempatan itu, Bupati hasil Musrenbang RKPD 2019 akan menjadi dasar RKPD tahun 2020 mendatang. Untuk itu, Musrenbang harus memperhatikan aspirasi dari bawah.



“Musrenbang juga harus memperhatikan prinsip-prinsip kesetaraan, musyawarah dialogis dan membuat perencanaan secara menyeluruh. Jadi, rencana pembangunan yang aspiratif, terukur dan dapat dipertanggungjawabkan,” ujar Bupati saat membuka Musrenbang.

Bupati juga mengatakan, Musrenbang TKPD 2019 sangat penting karena akan menjadi dasar dan acuan pembangunan di tahun 2020. Untuk itu, dirinya berpesan agar Musrenbang tersebut dimanfaatkan untuk saling memberikan informasi, masukan sehingga perencanaan pembangunan 2020 dapat tersusun dengan baik.

Sedangkan Asisten II Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan Widodo mengatakan, tema Musrenbang RKPD 2019 adalah “Mewujudkan Peningkatan, Penguatan Kemandirian Ekonomi Daerah Didukung Kualitas Hidup dan Kapasitas SDM”. Menurutnya, tujuan digelarnya Musrenbang RKPD 2019 tersebut untuk mencermati dan memverifikasi program dan kegiatan yang sudah dimasukkan dalam RKPD 2020.

“Dengan Musenbang ini sekaligus untuk menentukan prioritas program dan kegiatan yang akan dilaksanakan pemerintah daerah di tahun 2020,” ujarnya.

Widodo juga mengatakan, dengan Musrenbang akan dihasilkan tersusunnya arah kebijakan, program dan plafon anggaran berdasarkan fungsi bagi perangkat daerah. Selain itu, juga tersusunnya dukungan RKPD 2020 yang sudah dipilah berdasarkan sumber pembiayaan, baik APBD kabupaten, provinsi, APBN, maupun sumber sunber pendanaan lainnya. (erlano putra)



Musrenbang RKPD Sebagai Acuan Pembangunan Tahun 2020
5 (100%) 1 vote[s]

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed