Musim Haji 2023, Asrama Haji Donohudan Siap Berangkatkan 31.446 Jemaah Haji

Asrama Haji Donohudan.

Sukoharjonews.com (Boyolali) – Menghadapi musim haji 2023, Asrama Haji Donohudan yang biasa disebut Asrama Haji Embarkasi Solo siap melayani keberangkatan 31.446 calon jemaah haji tahun 1443 H/2022 M. Hal itu ini diungkapkan Kepala Kanwil Kemenag Jateng, Musta’in Ahmad saat menerima kunjungan Anggota Komisi VIII DPR RI.


“Asrama Haji Donohudan akan melayani keberangkatan 31.446 jemaah haji, terdiri dari 28.494 jemaah asal Provinsi Jawa Tengah dan 2.952 jemaah asal Daerah Istimewa Yogyakarta,” ujar Musta’in Ahmad, dilansir dari laman Kemenag, Sabtu (1/4/2023).

“Mereka terbagi dalam 44 kelompok terbang atau kloter, yang masing-masing kloternya berjumlah 355 jemaah. Kloter pertama masuk asrama haji pada 3 Juni 2023 dan terbang ke tanah suci sehari kemudian,” lanjut Musta’in.

Turut hadir mendampingi Komisi VIII, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag Saiful Mujab, dan Kepala Unit Pengelola Asrama Haji Danohudan, Bambang Sumanto.


Komplek Asrama Haji Donohudan sendiri memiliki sejumlah gedung antara lain Gedung Jeddah, Gedung Mekkah, Gedung Madinah, Gedung Muzdalifah, Gedung Arafah, Gedung Dapur, dan Masjid Al-Mabrur.

Kepala Unit Pengelola Asrama Haji Danohudan, Bambang Sumanto menjelaskan, kedatangan para calon jemaah haji akan diterima di Gedung Jeddah. “Nantinya di Gedung Jeddah ini akan dilakukan pemeriksaan kesehatan,” jelas Bambang.

Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan, para jemaah akan beristirahat di Gedung Mekkah dan Madinah. “Gedung Mekkah ada 3 lantai. Setiap lantainya dapat memuat 385 orang. Gedung Madinah ada 3 lantai juga, tapi yang digunakan untuk menampung hanya lantai dua dan tiga,” terang Bambang.


Bambang menuturkan, akan dilakukan sterilisasi atau penyemprotan disinfektan sebelum jemaah masuk asrama. Pihaknya juga akan menyediakan kamar khusus bagi calon jemaah yang kurang sehat.

“Selanjutnya Gedung Muzdalifah, tempat para calon jemaah akan diberangkatkan. Di sini nanti setiap kloter akan dibagi lagi menjadi beberapa rombongan,” tambah Bambang. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *