Merasa Kantuk Saat Mudik? Hilangkan dengan Tips Berikut

Menghilangkan kantuk saat mudik. (Foto: carro)

Sukoharjonews.com – Terjadinya kecelakaan lalu lintas saat musim mudik lebaran cenderung meningkat hal itu disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas ketika musim mudik lebaran adalah karena kondisi sopir yang ngantuk.


Sebelum melakukan perjalanan jauh saat mudik lebaran mengharuskan para sopir agar memiliki stamina yang kuat agar perjanan mudik jadi lancar. Dikutip dari NU Online, pada Minggu (15/4/2023), berukut tips agar Anda terhindar dari kantuk saat mudik lebaran:

1. Merasa ngantuk, segeralah menepi
Dijelaskan, ketika merasa mata begitu berat dan konsentrasi perlahan-lahan semakin berkurang. Artinya perlu menepikan kendaraan untuk beristirahat sejenak. Ia menegaskan, jangan pernah mengemudi dalam kondisi mengantuk, karena akan membahayakan keselamatan penumpang dan pengguna jalan lainnya.


2. Dapatkan angin segar dengan membuka kaca jendela
Dalam keadaan tertutup, lanjutnya, sirkulasi udara di dalam mobil juga bisa membuat kita mengantuk. Untuk mengatasinya, bisa mematikan AC dan membuka kaca jendela mobil. Dengan begitu, udara luar akan masuk ke dalam mobil dan terhirup oleh indra penciuman kamu. Meski terkadang udara luar tak selalu bersih akibat polusi udara, setidaknya hembusan angin yang menerpa wajah bisa mengurangi rasa kantuk.

3. Lakukan peregangan ringan di dalam mobil
Di saat terjebak macet, ia mengimbau agar tidak mengeluh. Sebaiknya gunakan saat-saat tersebut untuk melakukan peregangan ringan di dalam mobil. Mulailah regangkan tangan dan gerakkan bahu memutar ke depan dan belakang. Lalu, tolehkan kepala ke kiri dan kanan. Aktivitas ini bisa membantu melancarkan peredaran darah kita.


4. Jangan dipaksakan, berhentilah setiap 2 jam
Mengemudi sendiri dalam perjalanan jarak jauh itu melelahkan. Ia mengimbau agar tidak memaksakan diri untuk mengemudi tanpa beristirahat, karena akan membuat otot kaki dan tulang punggung kamu terasa kram dan kaku. Berhenti setiap dua jam sekali dan keluarlah dari mobil untuk melakukan peregangan. Ini akan membuat otot-otot kembali lemas dan tidak kaku, serta menghindari risiko terjadinya kram pada kaki.

5. Musik memang membantu, tetapi bukan yang bernada monoton
Cara lain untuk mengatasi ngantuk di perjalanan adalah dengan musik. Menurutnya, .usik memang bisa mengurangi kantuk saat mengemudi, tetapi bukan yang bernada monoton. Lagu-lagu bernada sendu justru akan membuat kita semakin mengantuk.


6. Selalu sediakan air mineral
Selain kelelahan, sambungnya, kurangnya asupan cairan tubuh juga bisa membuat kita mudah mengantuk ketika berkendara.

Demikian beberapa tips agar Anda terhindar dari rasa kantuk saat sedang mudik lebaran. Jangan dipaksakan, jika lelah berkemudi berhentilah. Karena keselamatan nomor satu. Keluarga Anda menanti Anda di kampung halaman dengan keadaan sehat walafiat. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *