Mengenal Lebih Dalam Kanker Sarkoma

Mengenal kanker sarkoma. (Foto: iStock)

Sukoharjonews.com – Sarcoma adalah salah satu jenis kanker yang dapat terjadi di berbagai lokasi di tubuh Anda. Sarkoma adalah istilah umum untuk sekelompok besar kanker yang dimulai di tulang dan di jaringan lunak (juga disebut ikat) (sarkoma jaringan lunak).


Dilansir dari Mayo Clinic, Selasa (20/2/2024), Sarkoma jaringan lunak terbentuk di jaringan yang menghubungkan, menopang, dan mengelilingi struktur tubuh lainnya. Ini termasuk otot, lemak, pembuluh darah, saraf, tendon, dan lapisan persendian Anda.

Penyebab
Tidak jelas apa penyebab sebagian besar sarkoma.

Secara umum, kanker terbentuk ketika terjadi perubahan (mutasi) pada DNA di dalam sel. DNA di dalam sel dikemas menjadi sejumlah besar gen individu, yang masing-masing berisi serangkaian instruksi yang memberi tahu sel fungsi apa yang harus dilakukan, serta cara tumbuh dan membelah.

Mutasi mungkin memerintahkan sel untuk tumbuh dan membelah secara tidak terkendali dan terus hidup ketika sel normal mati. Jika hal ini terjadi, sel-sel abnormal yang terakumulasi dapat membentuk tumor. Sel dapat pecah dan menyebar (bermetastasis) ke bagian tubuh lain.


Faktor risiko
Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko sarkoma antara lain:

Sindrom yang diwariskan.
Beberapa sindrom yang meningkatkan risiko kanker dapat diturunkan dari orang tua ke anak. Contoh sindrom yang meningkatkan risiko sarkoma termasuk retinoblastoma familial dan neurofibromatosis tipe 1.Terapi radiasi untuk kanker. Pengobatan radiasi untuk kanker meningkatkan risiko berkembangnya sarkoma di kemudian hari.

Pembengkakan kronis (limfedema).
Limfedema adalah pembengkakan yang disebabkan oleh cadangan cairan getah bening yang terjadi ketika sistem limfatik tersumbat atau rusak. Ini meningkatkan risiko sejenis sarkoma yang disebut angiosarcoma.

Paparan bahan kimia. Bahan kimia tertentu, seperti beberapa bahan kimia industri dan herbisida, dapat meningkatkan risiko sarkoma yang mempengaruhi hati.Paparan virus. Virus yang disebut human herpesvirus 8 dapat meningkatkan risiko sejenis sarkoma yang disebut sarkoma Kaposi pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah. (Patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *