Mengejutkan Negara Ini Punya Waktu Puasa Paling Cepat di Dunia

Mengejutkan negara ini punya waktu puasa paling cepat di dunia. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Meskipun jam puasa Ramadan berbeda-beda di seluruh dunia, secara umum lamanya waktu berpuasa digambarkan dari waktu fajar hingga terbenamnya matahari. Selama waktu itu, umat Islam tidak diperbolehkan untuk makan, minum, dan melakukan hubungan suami-istri.


Dilansir dari Morocco World News, Minggu (9/4/2023), durasi atau lama waktu berpuasa yang harus dijalani umat muslim di berbagai belahan dunia tidaklah sama, tergantung di mana kita berada. Ada umat muslim yang harus menjalani puasa selama 20 jam lebih sehari, ada juga yang lebih cepat hanya 11 jam sehari.

Penyebab Perbedaan Waktu Puasa di Belahan Dunia
Tiap-tiap negara di dunia akan mengalami perbedaan lama waktu puasa setiap tahunnya.hal tersebut disebabkan oleh perbedaan durasi siang hari antara satu daerah dengan daerah lainnya.

Itu berhubungan dengan letak geografis, waktu dalam setahun, dan jarak dari garis khatulistiwa. Contohnya, negara yang berada dekat khatulistiwa memiliki jam puasa yang cenderung lebih pendek, sedangkan di garis lintang utara dan selatan, waktu puasa bisa melebihi 20 jam, tergantung musim.

Itulah sebabnya jam puasa bisa sangat bervariasi dari satu negara ke negara lain.


Negara dengan Waktu Puasa Tercepat Ramadan 2023
Di bulan Ramadan tahun 2023 M/1444 H ini, jam puasa tersingkat di dunia berada di negara-negara yang terletak di selatan khatulistiwa, karena jumlah jam siang hari sekarang lebih sedikit di bagian selatan bumi. Sebaliknya, jam puasa terlama akan berada di negara-negara di utara, seperti Greenland dan Alaska.

Tiap tahun, negara yang punya durasi puasa tercepat itu berbeda-beda. Tahun ini negara Afrika Selatan, Selandia Baru, Argentina, Uruguay, dan Paraguay menyandang predikat negara dengan waktu puasa tercepat. Masyarakat Muslim di kelima negara tersebut berpuasa selama rata-rata 11-12 jam sehari pada Ramadan 1443 Hijriah ini.


Berikut daftar kota negara dengan waktu puasa tersingkat:

-Johannesburg, Afrika Selatan: 11–12 jam
-Buenos Aires, Argentina: 11–12 jam
-Cape Town, Afrika Selatan: 11–12 jam
-Christchurch, Selandia Baru: 11–12 jam
-Ciudad del Este, Paraguay: 11–12 jam
-Montevideo, Uruguay: 11–12 jam
-Brasilia, Brazil: 12–13 jam
-Puerto Montt, Chili: 12 –13 jam


Bagaimana Waktu Puasa di Indonesia?
Durasi waktu berpuasa di Indonesia sebenarnya tidak bisa dikatakan sangat panjang atau pendek. Indonesia memiliki lama waktu puasa sekitar 13,5 jam sehari. Akan tetapi, durasi 13,5 jam juga terbilang sedikit lebih panjang dibandingkan negara lain yang waktu puasanya antara 11–13 jam.

Di Indonesia, selisih antara waktu subuh dan magrib secara umum ada di kisaran 13-14 jam. Misalnya, pada Ramadan hari ketujuhbelas, Sabtu (8/4/2023), di DKI Jakarta memiliki durasi berpuasa 04.39–17.58 WIB, di Makassar, Sulawesi Selatan 04.49–18.08 WITA, dan Ternate, Maluku Utara 05.14–18.39 WIT.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *