Tips  

Manfaat Minyak Lavender untuk Kesehatan Mental

Manfaat minyak lavender. (Very well mind)

Sukoharjonews.com -Minyak esensial lavender adalah salah satu minyak esensial paling populer dan serbaguna yang digunakan dalam aromaterapi. Disuling dari tanaman Lavandula angustifolia , minyak ini meningkatkan relaksasi dan memiliki penelitian klinis yang mendukung penggunaannya sebagai bantuan untuk stres, kecemasan, depresi, dan kemungkinan berbagai kondisi lainnya.


Dilansir dari Very Well Health, Jum’at (22/2/2024),Lavender adalah ramuan dan minyak serbaguna. Hal ini konon memiliki sifat anti-inflamasi, antijamur, antidepresan, antiseptik, antibakteri, dan antimikroba, serta efek antispasmodik, analgesik, detoksifikasi, hipotensi, dan obat penenang.

Dengan kata lain, minyak ini berpotensi menjadi aset yang berguna dalam perangkat kesehatan mental Anda, namun tidak boleh diandalkan sebagai satu-satunya pendekatan perawatan.

Potensi Manfaat Minyak Lavender
Minyak esensial lavender dan khasiatnya telah dipelajari secara luas. Berikut sekilas penelitiannya.

Kecemasan
Meskipun saat ini uji klinis skala besar yang menguji efek lavender pada orang dengan kecemasan masih kurang, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa minyak ini mungkin menawarkan beberapa manfaat anti-kecemasan.

Mengurangi Kecemasan Gigi
Beberapa penelitian telah menguji efek lavender dalam mengurangi kecemasan pada populasi tertentu. Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Physiology & Behavior pada tahun 2005 berfokus pada 200 orang yang menunggu perawatan gigi dan menemukan bahwa menghirup aroma lavender mengurangi kecemasan dan meningkatkan suasana hati.


Mengurangi Kecemasan Pascapersalinan
Selain itu, studi percontohan yang diterbitkan dalam Complementary Therapies in Clinical Practice pada tahun 2012 menunjukkan bahwa aromaterapi berbahan dasar minyak esensial lavender dapat membantu meredakan kecemasan pada wanita pascapersalinan yang berisiko tinggi. Dalam sebuah percobaan yang melibatkan 28 wanita yang telah melahirkan dalam 18 bulan sebelumnya, para peneliti menemukan bahwa sesi aromaterapi dua kali seminggu selama 15 menit selama empat minggu membantu meringankan depresi selain menurunkan tingkat kecemasan.

Suplemen Lavender Dapat Mengurangi Kecemasan
Ada juga beberapa bukti bahwa mengonsumsi minyak lavendel dapat membantu meredakan kecemasan. Dalam laporan yang diterbitkan di Phytomedicine pada tahun 2012, misalnya, para ilmuwan menganalisis 15 uji klinis yang diterbitkan sebelumnya dan menyimpulkan bahwa suplemen makanan yang mengandung minyak lavender mungkin memiliki beberapa efek terapeutik pada pasien yang berjuang melawan kecemasan dan/atau stres.


Insomnia
Beberapa penelitian menunjukkan minyak esensial lavender dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan melawan insomnia.

Sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Complementary and Alternative Medicine menemukan kombinasi teknik kebersihan tidur dan terapi minyak esensial lavender membantu mahasiswa mendapatkan tidur malam yang lebih baik dibandingkan dengan kebersihan tidur saja. Penelitian terhadap 79 siswa yang melaporkan sendiri masalah tidurnya juga menemukan bahwa menghirup lavender sebelum tidur dapat meningkatkan energi dan semangat di siang hari.

Depresi
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak lavendel dapat membantu meningkatkan mood dan meringankan gejala depresi. Tinjauan sistematis tahun 2020 menemukan bahwa aromaterapi yang menggunakan minyak lavender bisa menjadi cara sederhana dan murah untuk membantu memperbaiki gejala depresi ringan hingga sedang.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *