Manfaat Kesehatan Teh Hojicha yang Jarang Orang Tahu

Manfaat teh hojicha.(Foto: Crafti)

Sukoharjonews.com – Hojicha adalah teh hijau panggang yang memanggang setiap bagian tanaman teh, untuk menghilangkan rasa pahitnya. Dengan memanggang tanaman ini, kandungan kafein pada teh ini berkurang drastis dibandingkan teh dan kopi lainnya.


Dilansir dari Kenko Matcha, Senin (27/5/2024), hojicha terkenal dengan rasanya yang pedas dan panggang. Ini adalah teh hijau panggang populer yang, setelah diminum, memberikan beberapa manfaat kesehatan. Pada artikel ini, kita akan membahas 6 manfaat kesehatan utama yang dapat Anda peroleh dari minum teh Hojicha..

Lebih Rendah Kafein
Anda mungkin tipe orang yang tidak menyukai kafein atau tidak setuju dengan kafein. Oleh karena itu, Hojicha adalah teh yang tepat untuk Anda. Teh ini dipanggang, sehingga mengurangi jumlah kafein dalam teh. Masih ada sedikit kafein dalam teh ini, tetapi jauh lebih sedikit dibandingkan teh hijau lainnya yang bisa Anda konsumsi.

Anda tetap akan mendapatkan tambahan energi, tetapi Anda tidak akan mengalami perasaan cemas atau gelisah yang sering terjadi akibat minuman berkafein tinggi. Karena teh Hojicha lebih rendah kafeinnya, teh ini dapat dinikmati oleh orang tua dan anak-anak. Hanya ada 20 miligram kafein per 100 gram.

Selain itu, karena kandungan kafeinnya yang lebih rendah, teh ini juga dapat diminum di malam hari dan tidak akan memengaruhi tidur Anda. Oleh karena itu, jika Anda menyukai secangkir teh, namun khawatir dengan kandungan kafeinnya, maka Hojicha adalah alternatif yang tepat untuk Anda pilih.


Bantuan Relaksasi
Asam amino yang dikenal sebagai L-theanine ditemukan dalam teh Hojicha. Senyawa ini membantu sifat relaksasi teh. Seperti kebanyakan teh hijau lainnya, Hojicha dapat diminum saat Anda membutuhkan waktu untuk bersantai. Itu mampu membuat Anda rileks secara mental dan fisik.

Aroma teh ini sangat menenangkan jika diminum dalam keadaan panas. Namun, L-theanine dapat meredakan gejala kecemasan, depresi, dan stres. Oleh karena itu, teh ini sangat cocok diminum pada malam hari karena dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh sehingga Anda dapat tidur nyenyak dan nyenyak.

Oleh karena itu, jika Anda mengalami hari yang buruk secara umum atau hari yang buruk dalam bekerja di kantor, teh ini akan mampu menghilangkan masalah tersebut.

Mengandung Antioksidan
Dalam teh Hojicha, mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan teh hijau atau hitam. Oleh karena itu, dapat melindungi Anda dari radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas dapat menumpuk di sel-sel Anda dan menyebabkan kerusakan pada tubuh, yang dapat menyebabkan risiko kanker atau penyakit lainnya.

Sebuah penelitian menemukan bahwa teh Hojicha mengandung kadar antioksidan 15 hingga 30 kali lebih tinggi daripada kadar yang ditemukan dalam teh hijau. Hojicha juga mengandung 10 kali lipat katekin yang ditemukan pada teh hitam. Sedangkan konsentrasi theanine juga ada yang 2 hingga 4 kali lipat.


Manfaat Sistem Kekebalan Tubuh
Teh Hojicha mengandung L-theanine, yang tidak hanya memiliki efek menenangkan, namun juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Minum teh saja tidak akan mencegah Anda terkena flu biasa atau virus. Namun, diketahui bahwa meminum teh Hojicha akan membantu sistem kekebalan tubuh Anda berfungsi lebih baik ketika diserang oleh patogen yang tidak diketahui.

Asam amino, L-theanine, adalah agen anti-inflamasi yang mengurangi pembengkakan di tubuh Anda. Akibatnya, ketika tubuh kita bereaksi terhadap virus, pilek, atau infeksi, timbul efek peradangan, namun teh membantu memperlambat proses tersebut.

Cocok Untuk Perut Sensitif
Kebanyakan teh hijau hanya dikukus setelah dipanen. Namun, daun teh Hojicha melalui proses lain, yaitu dipanggang dalam jumlah kecil dengan suhu yang sangat tinggi.

Temperatur yang tinggi dimaksudkan agar daun tetap mempertahankan warna dan aroma hijau tua yang indah. Proses ini tidak mempengaruhi manfaat daun bagi kesehatan. Pemanggangannya menciptakan rasa dan aroma panggang dan pedas.

Proses pemanggangan ini memungkinkan rasa pahit dihilangkan dan mengurangi kandungan kafein dalam teh. Bagi sebagian orang, kafein dapat membuat perut mereka sakit, oleh karena itu Hojicha adalah teh yang tepat dan tidak akan membuat mereka sakit. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *