Manfaat Jahe dan Air Jahe untuk Kesehatan

Manfaat Air Jahe Bagi Kesehatan.(Foto:Medical News Today)

Sukoharjonews.com – Jahe adalah akar tanaman berbunga Zingiber officinale yang pedas dan beraroma. Biasa digunakan untuk membumbui makanan, juga memiliki sejarah panjang sebagai pengobatan tradisional untuk banyak penyakit.


Dilansir dari WebMD, Selasa(14/5/2024), Kita tidak tahu asal usul tanaman ini, tapi kemungkinan besar tanaman ini berasal dari Asia Tenggara. Masyarakat India dan Tiongkok telah menggunakan jahe sebagai bumbu sejak zaman kuno. Para pedagang membawa jahe ke Mediterania, lalu ke Eropa, dan akhirnya ke Amerika.

Saat ini, jahe digunakan dalam berbagai hidangan dan minuman di seluruh dunia. Anda bisa memakan seluruh akarnya, yang disebut rimpang. Jahe mudah ditemukan di bagian produk di toko kelontong. Anda juga bisa membeli jahe kering dan jahe giling di toko bumbu.

Acar jahe sering disajikan dengan sushi. Bumbunya cocok dengan hidangan yang mengandung labu atau labu. Ini juga merupakan bahan penyedap utama dalam ginger ale dan bir jahe.


Meredakan mual
Jahe telah digunakan sebagai obat mual dan gangguan pencernaan selama berabad-abad, dan penelitian menunjukkan bahwa jahe adalah salah satu obat tradisional yang benar-benar manjur. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi antara 1 dan 2 gram jahe dapat membantu mengurangi gejala mual. ??Jahe dapat membantu mengatasi mual di pagi hari, mabuk perjalanan, atau efek samping kemoterapi.

Manajemen gula darah
Kita memerlukan penelitian lebih lanjut, namun ada beberapa bukti bahwa jahe dapat membantu penderita diabetes mengatur kadar gula darahnya jika mereka meminumnya secara teratur dalam jangka waktu lama.

Membantu mengatasi menstruasi yang berat
Sebuah penelitian kecil terhadap siswi SMA yang mengalami menstruasi berat menemukan bahwa mereka yang diberi jahe mengalami lebih sedikit kehilangan darah selama siklusnya dibandingkan siswi yang mendapat plasebo (pil tanpa bahan aktif).

Pengurangan peradangan
Ada banyak penyebab peradangan, termasuk reaksi alergi ringan dan aktivitas berlebihan. Penelitian awal tentang jahe menunjukkan bahwa jahe dapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh kedua penyebab tersebut. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak jahe dapat membantu mengurangi gejala alergi , meskipun kita memerlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi temuan ini. Percobaan kecil lainnya menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe setelah olahraga berat dapat membantu mengurangi nyeri otot lutut. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *