Maksimalkan Pertumbuhan Otot dengan Makanan Ini

Makanan memperkuat otot. (Foto: aladokter)

Sukoharjonews.com – Olahraga dan pola makan yang tepat saling melengkapi dengan baik dan penting untuk membangun otot yang kuat. Protein menonjol sebagai salah satu nutrisi utama yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan otot, dan bagaimana Anda mengintegrasikannya ke dalam makanan Anda sambil mempertahankan pola makan seimbang sangatlah penting.


Meskipun ada kesalahpahaman umum bahwa mengonsumsi bubuk protein adalah suatu keharusan untuk pertumbuhan otot, diet teratur dengan asupan protein yang ditentukan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan otot tubuh Anda. Dikutip dari The Statesman, pada Rabu (3/4/2024), inilah daftar makanan yang berperan penting dalam meningkatkan massa otot Anda:

1. Telur
Daftar ini tidak akan lengkap tanpa menyebutkan bahan sederhana namun kaya nutrisi ini. Telur kaya akan protein, menjadikannya salah satu sumber paling sederhana untuk dimasukkan ke dalam makanan Anda. Mereka juga mengandung asam amino leusin, yang diperlukan untuk sintesis protein, sehingga menghasilkan penambahan dan pemulihan otot. Dikemas dengan lemak dan vitamin yang baik, telur adalah makanan yang wajib dikonsumsi untuk pertumbuhan otot.

2. Yogurt
Dengan hampir 3,5 gram protein per 100 gram, yogurt adalah alternatif yang bagus untuk telur dan makanan laut untuk meningkatkan pertumbuhan otot. Ini mengandung protein yang cepat dicerna dan lambat dicerna, membantu pemulihan, sintesis, dan pertumbuhan otot. Selain itu, yogurt kaya akan probiotik, meningkatkan mikrobiota usus yang sehat, yang terkait langsung dengan semua fungsi tubuh, termasuk pertumbuhan otot.


3. Kacang Polong
Bagi mereka yang memilih pola makan nabati tanpa mengurangi pertumbuhan otot, kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang pinto, kacang lentil merah, dan kacang gram hijau adalah pilihan yang sangat baik. Kacang lentil merah mengandung 25 gram protein per 100 gram, sedangkan kacang merah matang mengandung 9 gram protein per 100 gram. Kacang juga kaya akan serat, magnesium, vitamin, dan fosfor, menjadikannya bahan serbaguna.

4. Makanan Laut
Ikan, udang, dan varian makanan laut lainnya merupakan sumber protein dan lemak sehat yang sangat baik. Rendah karbohidrat, makanan laut membantu pertumbuhan dan pemulihan otot, sedangkan lemak sehat memerangi peradangan dan nyeri otot serta meningkatkan sintesis lemak.

5. Biji Gandum
Dianggap sebagai makanan super, quinoa mendapatkan popularitas karena kandungan proteinnya yang tinggi. Bebas gluten dan bergizi, quinoa adalah pilihan tepat bagi mereka yang mencari makanan kaya protein. Ini juga menyediakan sumber yang kaya serat, magnesium, mangan, tembaga, vitamin, dan zat besi.

Terkait penambahan otot, penting juga untuk mengetahui makanan mana yang harus dihindari, termasuk gorengan berminyak, karbohidrat olahan, tambahan gula, dan konsumsi alkohol berlebihan. Selain memasukkan makanan pembentuk otot ini, penting juga untuk melakukan penyesuaian gaya hidup, karena hanya berfokus pada penambahan otot bukanlah tujuan akhir; kesejahteraan secara keseluruhan harus menjadi prioritas.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *