Makanan yang Sehat untuk Ibu Hamil

Makanan yang baik untuk ibu hamil.(Foto: merries)

Sukoharjonews.com – Nutrisi selama kehamilan sangat penting untuk kesehatan dan perkembangan bayi. Meskipun setiap wanita hamil berusaha menghindari makanan tidak sehat, terkadang rasa lapar menguasai diri Anda. Penting untuk mengonsumsi makanan seimbang yang mengandung nutrisi penting seperti asam folat, vitamin C, dan banyak lagi selama kehamilan. Jika Anda mengalami keinginan mengidam yang tidak diinginkan selama kehamilan.


Dikutip dari Healthshots, pada Selasa (23/4/2024), makan sehat selama kehamilan sangat penting untuk kesehatan dan perkembangan bayi. Diet harus mencakup berbagai makanan dari kelompok makanan yang berbeda untuk memastikan asupan nutrisi penting yang cukup. Anda juga bisa memasukkan resep sehat khusus untuk ibu hamil.

Bagaimana cara makan makanan yang sehat selama kehamilan?

1.Protein
Pilih daging tanpa lemak dan ayam tanpa kulit, cobalah mengurangi makan daging merah dan daging olahan. Telur Utuh memiliki nilai biologis protein yang tinggi dan aman dikonsumsi ibu hamil dalam keadaan dimasak sebentar. Sumber protein lainnya termasuk kacang-kacangan, lentil, kacang-kacangan, biji-bijian, tahu, dan makanan laut. Pastikan semua daging matang sempurna.

2. Makanan bertepung
Makanan berkarbohidrat bertepung harus memenuhi ¼ porsi makanan yang dimakan. Sertakan biji-bijian, sereal, atau makanan multigrain seperti roti, nasi, dan pasta serta karbohidrat kompleks seperti nasi merah, nasi merah, oat, gandum pecah, dll, dalam diet Anda. Ini akan memberikan lebih banyak serat dan nutrisi lainnya, dan juga membuat Anda merasa lebih kenyang.


3. Susu dan produk susu
Makanan olahan susu merupakan sumber kalsium yang baik, yang penting untuk kekuatan tulang dan gigi. Yang terbaik adalah memilih versi rendah lemak jika memungkinkan. Jika Anda lebih menyukai alternatif susu, Anda dapat memilih minuman kedelai dan yoghurt, tetapi pilihlah versi tanpa pemanis dan diperkaya kalsium.

4. Buah-buahan dan sayur-sayuran
Usahakan untuk makan setidaknya 5 porsi buah dan sayuran berbeda setiap hari. Ini bisa termasuk sayuran berdaun hijau, apel, pisang, brokoli, bit, keluarga labu dan banyak lagi. Tambahkan sayur dan buah yang merupakan sumber serat baik yang membantu mencegah sembelit saat hamil.

5. Asam folat
Asam folat merupakan vitamin B yang penting selama kehamilan untuk mencegah cacat lahir. Semua wanita disarankan untuk mengonsumsi suplemen asam folat sebelum hamil dan setidaknya hingga akhir minggu ke-12 kehamilan. Selama kehamilan, kebutuhan folat meningkat karena perannya dalam pertumbuhan dan perkembangan janin. Asam folat adalah bentuk sintetis folat, yang ditemukan dalam buah-buahan tertentu, sayuran, kacang-kacangan, dan makanan yang diperkaya seperti roti, pasta, dan sereal.


6. Vitamin C
Wanita hamil dianjurkan untuk mengonsumsi tambahan 10mg vitamin C setiap hari karena membantu menyerap zat besi. Sertakan buah-buahan kaya vitamin C seperti jeruk, lemon manis, kiwi, amla, jambu biji, tomat, dll.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *