Ragam  

Lockdown Lokal Kampung-Kampung Meluas di Sukoharjo

Kampung Gronong, Kelurahan Mandan, Sukoharjo melakukan “lockdown” lokal dengan menutup akses. Hanya satu akses yang dibuka dan dijaga oleh warga.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pencegahan penyebaran virus Corona terus dilalukan oleh pemerintah dan masyarakat Sukoharjo. Saat ini, dalam upaya tersebut banyak kampung-kampung yang melakukan pembatasan akses keluar masuk kampung atau “lockddown” lokal. Sebelumnya Desa Gumpang, Kartasura dan Desa Pranan, Polokarto melakukan pembatasan akses, saat ini hal serupa meluas di kampung-kampung lainnya.



Salah satu kampung yang terpantau melakukan “lockdown” lokal adalah Kampung Gronong, Kelurahan Mandan, Sukoharjo yang menutup semua akses keluar masuk kampung. Hal itu dilakukan atas inisiatif warga dalam upaya pencegahan virus tersebut masuk kampung. Warga hanya membuka satu akses kampung yang dijaga secara bergantian oleh warga. “Semua akses masuk kampung kami tutup, warga hanya membuka satu akses untuk keluar masuk kampung dan dijaga oleh warga,” ujar salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya, Kamis (2/4/2020).

Dari pantauan di lokasi, akses masuk kampung ditutup dengan bambu dan juga tangga dari bambu dan diberi keterangan. Salah satunya berbunyi “Corona Dilarang Masuk”.
Satu-satunya akses masuk terlihat dijaga oleh beberapa warga. Bahkan, warga memasang “tratak” di pintu masuk tersebut. Dengan pembatasan akses tersebut diharapkan warga luar kampung tidak asal masuk ke dalam kampung.

Terkait dengan fenomena itu, Plt Camat Sukoharjo, Havid Danang PW mengaku tidak ada instruksi dari kecamatan. Apa yang dilakukan warga Gronong tersebut murni atas inisiatif warga dalam rangka antisipasi virus Corona. Terlebi lagi ada instruksi agar masyarakat tinggal di rumah selama masa KLB. “Dari informasi yang masuk, tidak hanya Gronong yang melakukan pembatasan akses, hal serupa juga terjadi Kenep, Combongan dan lainnya,” ujarnya.

Havid mengaku selama ini bersama Muspika melakukan patroli agar warga bisa menaati apa yang menjadi imbauan pemerintah. Havid berharap, penutupan itu tidak menggangu aktivitas warga dan tetap memprioritaskan warga setempat jika memang ada kepentingan di luar yang mendesak. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *